Encok, Penyebab dan Pantangannya Apa?



Jakarta, Penyakit encok atau rematik, penyebabnya apa dan ada pantangan makan tidak?

Wayan (Pria, 52 tahun)
wayanrdsXXXXX@yahoo.co.id
Tinggi 164 cm, berat 65 kg

Jawaban

Encok atau rematik di dunia kedokteran banyak sekali istilah dan variasinya. Salah satunya adalah rheumatoid arthritis (RA). Di dunia, diperkirakan 1% populasi menderita RA. RA 2-3 kali lebih umum di perempuan daripada pada pria.

Penyebab pasti RA belum diketahui pasti, namun diduga multifaktorial. Beberapa ahli berpendapat adanya kombinasi faktor-faktor lingkungan dan genetik.

Variasi gen telah diteliti berperan sebagai faktor risiko terjadinya RA. Sebagian besar gen ini diketahui terlibat di dalam fungsi sistem imun. Yang paling signifikan adalah variasi gen-gen HLA (human leukocyte antigen), terutama gen HLA-DRB1.

Beragam faktor nongenetik juga berperan di dalam proses terjadinya RA. Mulai dari perubahan hormon seks (terutama pada perempuan), terpapar debu atau serat (fibers), infeksi (virus atau bakteri), serta merokok (pasif-aktif) jangka panjang. Tentunya, masih banyak lagi hal-hal lain tentang penyebab RA yang belum diketahui hingga kini.

Berdasarkan riset yang telah dilakukan oleh Li J, dkk (2016), maka pantangan makanan untuk penderita RA adalah telur, susu, dan semua yang berpotensi menyebabkan alergi.

Cara lainnya tentu saja ada. Hindari semua makanan yang dipanaskan, dipanggang, digoreng, atau dipasteurisasi. Singkatnya, semua makanan ini berpotensi menghasilkan advanced glycation end product (AGE). AGE ini dapat memicu terjadinya peradangan, termasuk RA. Kurangi konsumsi alkohol, permen, nasi olahan, makanan yang sering dihangatkan di macrowave, soda, garam. Biji labu dan minyak zaitun diduga berpotensi mengurangi derajat keparahan RA atau mencegah timbulnya RA.

Demikian penjelasan ini, semoga memberikan solusi.

Salam sehat dan sukses selalu.

Dito Anurogo, penulis 17 buku, sedang studi di S2 Ilmu Kedokteran Dasar dan Biomedis FK UGM Yogyakarta.

(hrn/up)

Source link

0 Response to "Encok, Penyebab dan Pantangannya Apa?"

Posting Komentar