Pengobatan Kanker Payudara Pria dan Wanita Tak Bisa Dipukul Rata, Ini Sebabnya



Rotterdam, Baik wanita maupun pria sama-sama berisiko terserang kanker payudara. Namun penelitian terbaru mengungkap penanganannya tak bisa disamakan alias sama sekali berbeda.

Fakta ini didapat peneliti setelah mengamati 1.500 pria yang mengidap kanker payudara dari 9 negara. Hasilnya, pria seringkali dirugikan dengan pengobatan yang diberikan kepadanya.

Pertama, sebagian besar dokter masih beranggapan bahwa secara biologis, payudara pria dan wanita tak ada bedanya. Kedua, riset tentang kanker payudara pada pria jarang dilakukan, sehingga peneliti-peneliti sebelumnya tidak pernah mengungkap adanya perbedaan ini.

Baca juga: Pria Seperti Ini Lebih Rentan Kena Kanker Payudara

Total ada tiga perbedaan utama yang ditemukan peneliti dari Erasmus Medical Centre di Rotterdam, di antaranya kanker pada payudara pria menyerang jaringan ikat yang berbeda. Selain itu, sel-sel kanker yang terkandung di dalamnya juga berbeda dari yang menyerang wanita.

Terakhir, sistem imun atau kekebalan tubuh pria memberikan respons yang berbeda saat payudara mereka diserang kanker. "Harapan kami, temuan ini bisa menjadi panduan pilihan pengobatan yang lebih baik untuk pasien pria di masa depan," kata ketua tim peneliti, Dr Carolien van Deurzen.

van Deurzen juga menyayangkan karena kebanyakan pasien kanker payudara pria terdiagnosis belakangan, terutama ketika stadium kanker mereka sudah lanjut, yang artinya memperkecil harapan hidup mereka.

Secara tidak langsung, fakta ini menunjukkan rendahnya kesadaran pria, termasuk para dokter juga, tentang risiko kanker payudara pada kaum mereka. Meskipun sebenarnya peluang pria untuk terserang kanker payudara cukup langka, yakni 1 dari tiap 100 kasus kanker payudara.

"Justru karena kelangkaan itu, mereka jarang dilibatkan dalam riset-riset tentang kanker payudara, sehingga kondisi mereka sebenarnya tidak terpantau dengan baik," imbuh van Deurzen seperti dikutip dari Telegraph, Selasa (15/3/2016).

Baca juga: Abimana Aryasatya: Kanker Payudara Bukan Lagi Hal Tabu Buat Cowok (lll/vit)


Source link

0 Response to "Pengobatan Kanker Payudara Pria dan Wanita Tak Bisa Dipukul Rata, Ini Sebabnya"

Posting Komentar