China Harap Jadi Pusat Produk Halal di Dunia




KEBIJAKAN baru akan makanan halal di China, ternyata juga bertujuan untuk membangun image pangsa produk halal yang sedang booming di dunia. Sejumlah analis berharap, China bisa menjadi pusat produk halal di dunia dengan target USD1,6 triliun pada beberapa tahun ke depan.


Pejabat politik berkumpul di Beijing untuk menggelar konferensi tahunan dalam Chinese People’s Political Consultative Conference, sebuah badan penasihat pemerintah yang sekali lagi mengangkat untuk membentuk standarisasi halal berskala nasional yang sebelumnya sudah dipertimbangkan sejak 2002.


Presiden Xi Jinping juga telah berupaya dengan bergabung bersama banyak negara mayoritas Muslim untuk membentuk “One Belt One Road” untuk mengembalikan rute perdagangan Jalur Sutera.


Tapi berbagai pemilik usaha halal di China menghadapi beberapa kendala untuk memasarkan produk mereka di luar negeri. Hal itu dikarenakan bahwa image makanan halal di China tidak benar-benar dipersiapkan sesuai dengan hukum Islam.


Dengan adanya standarisasi halal nasional ini, nampaknya image tersebut perlahan bisa diubah. Masyarakat dunia pun tak perlu khawatir lagi dengan status halal pada berbagai produk makanan di China, karena sudah punya standar yang diakui.


"Dengan standarisasi nasional, pemerintah dapat lebih efektif mengelola industri makanan halal dan menunjukkan rasa respect kepada etnis minoritas Muslim di China,” pungkas Mu Kefa, Wakil ketua Islamic Association of China. Demikian seperti dilansir dari Nytimes, Kamis (17/3/2016).




Source link

0 Response to "China Harap Jadi Pusat Produk Halal di Dunia"

Posting Komentar