10 Cara Menyelamatkan Ponsel yang Terkena Air




Smartphone menjadi barang yang sangat penting hampir bagi setiap orang. Sejumlah orang rela ketinggalan dompet dari pada ketinggalan ponsel. Bahkan ada juga yang rela kehilangan pacar demi ponsel. Wow, keberadaan smartphone memang mengerikan juga ya. Tapi, bagaimana bila smartphone yang begitu kamu gilai itu terkena air atau kecemplung? Nah, lho, gimana coba?


Jangan khawatir, ada beberapa solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Bukan hanya beras yang bisa membantu menyelamatkan ponsel yang terkena air, ada beberapa barang lainnya juga yang bermanfaat untuk menyelamatkan ponsel yang terkena air. Penasaran? Tak perlu berlama-lama, yuk simak ulasannya.


1. Matikan Ponsel. Lepas Seluruh casing terutama baterai, simcard dan memory.


Matikan Ponsel via www.youtube.com

Matikan Ponsel via www.youtube.com


Jika kamu mendapati ponsel kamu masuk ke dalam air atau terkena air, hal yang harus kamu lakukan pertama kali adalah langsung mematikan ponsel kamu. Lepas seluruh casing terutama baterai, simcard dan memory. Hal tersebut dilakukan agar ponselmu bisa terselamatkan. Jangan sampai menunggu besok pagi untuk mengeluarkan baterai, simcard dan memorynya, dan angan pernah sekali-kali mengeringkan ponsel yang terkena air dengan sinar matahari, yang ada ponsel kamu malah mati total.


2. Balutlah ponsel kamu dengan koran atau tisu lalu dinginkan dalam freezer.


Balut ponsel via jalantikus.com

Balut ponsel via jalantikus.com


Langkah selanjutnya untuk mengatasi ponsel yang terkena air yaitu, balutlah ponsel kamu dengan koran atau tisu, lalu dinginkan dalam freezer.Tisu itu bersifat dapat menyerap air, sementara suhu dingin membantu mengeringkan air yang ada di dalam ponsel dengan cara membekukannya. Diamkan selama semalam. Lakukan beberapa kali sampai ponsel kamu bisa kembali menyala. Mungkin cara ini sedikit aneh, tapi cara ini dipercaya mampu menyelematkan ponsel yang terkena air.


3. Jika tak ada freezer, ziplock yang sudah dicampur sereal no sugar juga bisa menyelamatkan ponsel yang terkena air


ziplock via www.youtube.com

ziplock via www.youtube.com


Caranya, kamu hanya perlu mecampurkan keduanya (ziplock dan serelan no sugar), lalu  masukan ponsel ke dalamnya. Diamkan beberapa hari sampai ponsel benar-benar kering. Dijamin ponsel kamu bisa kembali menyala sehingga kamu bisa kembali beraktifitas di sosial media. Coba saja.


4. Buat kamu yang punya silica gel bisa tuh dipakai.


silica gel via www.nicois.me

silica gel via www.nicois.me


Menurut wikipedia, gel silika adalah butiran seperti kaca dengan bentuk yang sangat berpori, silika dibuat secara sintetis dari natrium silikat. Silica gel merupakan produk yang aman digunakan untuk menjaga kelembapan makanan, obat-obatan, bahan sensitif, elektronik dan film sekalipun.


Tenyata selama ini silica gel yang sering kita temukan di beberapa produk makanan, obat-obatan, dan barang-barang elektronik dan beberapa benda lainnya bermanfaat juga untuk menyelamatkan ponsel yang basah. Sifatnya yang anti lembab bisa membantu menyerap air yang sudah masuk ke bagian dalam ponsel kamu. Jadi, jangan langsung buang begitu saja silica gel ya. Simpan saja buat jaga-jaga.


5. Kamu juga bisa menggunakan kompressor udara untuk mengeringkan ponselmu yang basah.


kompressor udara via tekno.kompas.com

kompressor udara via tekno.kompas.com


Untuk menghilangkan air yang ada di ponsel kamu, kamu harus lebih berhati-hati jika menggunakan cara ini. Gunakanlah tekanan yang rendah jangan sampai menggunakan tekanan yang terlalu tinggi. Dekatkan sumber udara dengan celah-celah atau lubang yang terbuka di ponsel kamu, hal tersebut dilakukan untuk memastikan udara benar-benar melalui bagian komponen ponsel kamu.


6. Atau, kamu juga bisa memanfaatkan vacuum cleaner untuk menyedot air dan embun yang sudah terlanjur masuk dalam ponsel.


vacuum cleaner via nightwow.com

vacuum cleaner via nightwow.com


Kalau teknik tiup belum cukup ampuh untuk menyelamatkan ponsel kamu yang basah, coba pakai teknik sedot dengan menggunakan vacuum cleaner.  Cara ini bisa menjadi alternatif berikutnya buat kamu yang ingin mengeluarkan air yang ada di dalam komponen ponsel kamu.


7. Tv tabung juga berguna lho untuk menyelamatkan ponsel yang kemasukan air.


Tv tabung via tokokomputer007.com

Tv tabung via tokokomputer007.com


Buat kamu yang punya tv tabung, kamu bisa memanfaatkan tv tersebut untuk menyelamtkan ponsel yang basah karena kemasukan air. Caranya gampang, kamu cukup meletakan ponsel yang basah di dekat ventilasi udara barang kuno tersebut. Udara panas yang dikeluarkan melalui lubang-lubang aau ventilasi udara tv tersebut bermanfaat untuk mengeringkan ponsel yang basah.


8. Menggantung ponsel semalaman tepat di depan kipas angin. Bisalah dicoba.


ponsel semalaman tepat di depan kipas angin via ponselmu.com

ponsel semalaman tepat di depan kipas angin via ponselmu.com


Kalau kamu tidak mempunyai alat-alat seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa menggunakan alternatif lain, yaitu menggunakan kipas angin. Kalau kipas angin pasti punya, kan? Caranya gampang banget, kamu cukup gantung ponsel kamu tepat di depan kipas angin, diamkan selama beberapa malam sampai air di dalam komponen benar-benar hilang.


9. Untuk beberapa bagian yang sulit terjangkau, kamu bisa menggunakan cotton bud untuk mengeringkannya.


cotton bud via www.teknocrash.com

cotton bud via www.teknocrash.com


Beberpa bagian komponen ponsel memang agak sulit terjangkau. Nah jika memang demikian, kalau ada beberapa kompnen yang susah dijangkau oleh jari lentikmu, kamu bisa memanfaatkan cotton bud untuk menyerap air yang ada di dalamnya.


10. Jangan membawa ponsel ke sembarang tempat.


Smartphone via www.digitaltrends.com

Smartphone via www.digitaltrends.com


Yang terpenting dari semuanya tentu saja adalah mencegahnya. Ada baiknya janganlah suka membawa ponsel ke sembarang tempat, toliet misalnya. Ya, membawa ponsel ke toilet memang bisa sedikit menghilangkan rasa jenuh atau bosan saat buang iar besar. Tapi akan sangat menyebalkan jika ponsel malah terkena air atau bahkan jatuh ke dalam lubang koloset, kan? Jadi, ada baiknya janganlah membawa ponsel ke sembarang tempat. Buat jaga-jaga saja.


Demikianlah informasi mengenai cara-cara menyelamatkan ponsel yang basah atau tekena air. Semoga bermanfaat. Dan, jagalah ponsel kamu sebaik mungkin ya.


 





Source link

0 Response to "10 Cara Menyelamatkan Ponsel yang Terkena Air"

Posting Komentar