Mengenalkan Makna Kegagalan pada Anak




ORANGTUA akan merayakan penuh suka cita ketika anak menang atau berhasil melakukan sesuatu. Tapi, apa yang bisa dilakukan ketika anak gagal?


Ketika anak mencetak gol di tim sepak bola, juara menyanyi, atau mendapat beasiswa tentu orangtua sangat bangga. Namun, ini tidak lebih istimewa daripada merayakan kebangkitan anak dari kegagalan. Berikut pentingnya mengajarkan tentang kegagalan bagi anak.


Mendidik melalui kegagalan


Waktu terbaik bagi seseorang untuk belajar adalah ketika Anda terpuruk. Anak Anda belajar tidak bangga atau sombong, sehingga mereka lebih terbuka untuk mendengar dan belajar. Belajar dari kegagalan untuk mempersiapkan diri lebih baik.


Mengelola emosi


Semua orangtua ingin anaknya menjadi nomor satu. Tapi ingatlah, anak Anda juga punya kekurangan. Temukan cara mengelola emosi yang baik. Bagaimana tidak cepat frustasi, kecewa, dan depresi, ketika semua berjalan tak sesuai keinginan.


Membuat standar harapan yang tepat


Orangtua harus bersedia diskusi terbuka dengan anak-anak tentang apa harapan mereka yang ingin dikejar. Mengejar harapan harus dibarengi dengan upaya kuat, besar hati, dan menerima apa pun hasilnya. Harapan ini meminimalisir stres anak. Demikian dilansir Familyshare, Rabu (16/3/2016).



Source link

0 Response to "Mengenalkan Makna Kegagalan pada Anak"

Posting Komentar