3 Cara Sederhana Membuat Anak Harmonis




BILA Anda mempunyai banyak anak pasti kerap terjadi pertengkaran. Apalagi bila mereka sudah mulai mengerti apa arti persaingan dan rasa kepemilikan, tak ada satu pun yang ingin mengalah. Lantas, bagaimana untuk menjaga anak-anak tetap harmonis dalam hubungan persaudaraannya? Berikut ulasannya.


Jangan pernah menyalahkan


Anak dengan pengalaman hidupnya yang sedikit belum cukup mampu untuk memecahkan masalah pertengkarannya sendiri. Sehingga bantuan Anda sebagai orangtua sangat diperlukan ketika antara saudara terjadi pertengkaran. Fokus untuk meredakan masalah, bukan pada siapa yang memulai atau bagaimana pertengkaran terhjadi.


Buat anak merasa aman


Jangan lantas karena anak tertua lebih mengerti dan dapat diandalkan sehingga perhatian Anda hanya tertuju padanya. Jadilah orangtua yang adil. Membagi rata semua perhatian dan kasih sayang pada semua anak. Sehingga anak merasa aman, dan enggan bertengkar dengan saudaranya karena tak merasa iri satu sama lain.


Beri penghargaan atas kasih mereka


Puji dan peluk anak ketika mereka bisa menunjukkan rasa empati dan kasih sayang kepada saudara-saudaranya. Dengan begini, anak akan berpikir bahwa rasa cinta kasih penting dalam hubungan persaudaraan. Demikian dilansir Parenting, Jumat (18/3/2016).





Source link

0 Response to "3 Cara Sederhana Membuat Anak Harmonis"

Posting Komentar