Budaya Bersantap Masyarakat Prancis Punya Nilai Kebersamaan




KULINER Prancis punya cara memasak dan penyajian yang penuh makna. Hal itu telah diwariskan para leluhur dan dianggap sebagai budaya bersantap Prancis yang mencerminkan identitas negara tersebut.


Karena hal itu, budaya bersantap Prancis menerima penghargaan daftar Warisan Budaya Dunia UNESCO. Apa saja makna yang terkandung dalam budaya bersantap ala Prancis? Berikut ulasan selengkapnya seperti Okezone rangkum dalam konferensi pers Good France 2016 di Jakarta.


Belanja bahan makanan


Tidak seperti budaya di negara lainnya. Prancis amat bangga dengan sektor pertaniannya. Karena itu, pada saat belanja bahan makanan, terlebih di pasar tradisional.


Aktivitas belanja sering kali dimanfaatkan para penjual dan pembeli untuk saling berkomunikasi. Membangun hubungan baik dan tidak acuh. Tak perlu ragu untuk bertanya, bahan makanan ini cocok untuk dimasak seperti apa dan sebagainya. Dengan senang hati, si penjual memberi tips dan trik bagaimana mengolah bahan makanan tersebut.


Persiapan sebelum masak


Masyarakat Prancis senang berkumpul. Terlebih dalam proses menghidangkan sebuah masakan. Biasanya, seluruh anggota keluarga yang ada di rumah saling membantu dalam proses memasak. Mulai dari persiapan, memasak hingga menghidangkan dan makan bersama.


Anak-anak pun turut andil dalam proses memasak. Umumnya, anak-anak diberi tugas ringan seperti memotong sayuran, menyiapkan gelas dan piring saji atau bahkan membuat sup. Hal tersebut juga dimanfaatkan sebagai ajang untuk berinteraksi satu sama lain.


Makan bersama


Masyarakat Prancis suka sekali dengan budaya makan bersama. Terlebih pada saat makan malam. Mereka memanfaatkan untuk berinteraksi satu sama lain. Membangun rasa kekeluargaan hingga bercerita aktivitas keseharian.


Set menu


Sajian set menu mulai dari appetizer hingga dessert sering kali dihidangkan dalam prosesi makan malam bersama. Satu per satu hidangan disuguhkan mulai dari makanan pembuka hingga penutup dengan jangka waktu tertentu.


Disela-sela pergantian menu, masyarakat Prancis juga senang berbagi cerita bersama sanak saudara. Membangun suasana harmonis dan menciptakan hangatnya nuansa kumpul bersama keluarga.


Wine


Minuman anggur sering kali disajikan sebagai penutup makan malam. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bisa meminum wine dengan takaran tertentu. Pada intinya, momen makan malam ini digunakan sebagai ajang kumpul bersama keluarga dan saling berbagi cerita.




Source link

0 Response to "Budaya Bersantap Masyarakat Prancis Punya Nilai Kebersamaan"

Posting Komentar