Perlu Diketahui Tahap Awal Edukasi Seks pada Anak




PERLU diketahui oleh semua orangtua, bicara soal seks pada anak bisa terjadi kapan saja tak perlu menunggu waktu yang benar-benar tepat. Bicara tentang seks pada anak biasanya mengundang kecemasan bagi mereka.


Apalagi bila anak buta tentang seks dan masih di usia sekoah dasar. Orangtua pasti bingung dari mana memulainya. Bicara soal seks bisa dilakukan dalam aktivitas sehari-hari. Berikut cara memberi pendidikan seks lewat aktivitas sehari-hari.


Nama bagian tubuh


Jika tangan, telinga, kaki, kepala, dan bagian tubuh lainnya diperkenalkan orangtua dengan nama sebenarnya, tapi sering kali untuk bagian penis atau vagina orangtua memberi sebutan lain atau menggunakan istilah. Padahal, seharusnnya orangtua memberitahu nama sebenarnya agar anak paham betul itu bagian tubuh mereka.


Interaksi fisik


Karena mereka masih kecil, tentu Anda atau orang lain sering memeluk dan mencium. Ketika sedang memeluk anak, katakan pada anak bahwa bila ada lawan jenis ketika mereka besar nanti memeluk, beri batasan bagian-bagian mana yang tidak boleh disentuh.


Jangan takut


Bila Anda takut, maka anak akan takut. Perspektif anak-anak sangat luar biasa, mereka mudah menyerap segala yang terjadi di sekitarnya. Jadi, ketika menjelaskan tentang seks orangtua tidak boleh takut dan cemas. Beri mereka informasi dengan tenang.


Tubuh


Ini berlaku untuk anak laki-laki dan perempuan. Sejak kecil, ketika mereka bisa berbicara dan mengenal bagian tubuh sendiri, ini saatnya orangtua mengenalkan semua anggota tubuh, termasuk yang bagian bikini bagi anak perempuan. Jelaskan kalau bagian tubuh paling penting dan tidak boleh diperlihatkan pada orang lain. Demikian dilansir Familyshare, Kamis (17/3/2016).






Source link

0 Response to "Perlu Diketahui Tahap Awal Edukasi Seks pada Anak"

Posting Komentar