Panduan Tepat Cegah Hipertensi & Kolesterol




PENYAKIT hipertensi dan kolesterol sering diabaikan oleh banyak orang. Padahal, kedua penyakit ini merupakan faktor risiko pembunuh nomor satu manusia, penyakit jantung.


Karena itu, sudah saatnya menyadari betapa pentingnya mencegah penyakit hipertensi dan kolesterol. Berikut Panduan untuk mengatasi hipertensi dan kolesterol sebagaimana dikutip Boldsky, Jumat (18/3/2016).


Memilih makanan sehat



Buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ikan dan daging tanpa lemak harus menjadi menu diet sehari-hari, karena dapat mengontrol tekanan darah dan kolesterol. Selain itu, Anda perlu menjauhi makanan cepat saji dan makanan kaleng.


Batasi asupan garam



Kurangi konsumsi asupan garam dalam menu makanan Anda untuk mengontrol tekanan darah dan kolesterol. Karena itu, Anda juga perlu menghindari makanan asin seperti keripik dan makanan kaleng.


Menghindari alkohol



Untuk mencegah penyakit hipertensi dan kolesterol adalah menghindari minum minuman beralkohol. Jadi, mulailah mencegah terkena penyakit hipertensi dan kolesterol dengan menerapkan pola diet sehat.


Fokus turunkan berat badan

Sebuah penelitian mengatakan bahwa orang-orang yang kelebihan berat badan dan berhasilkan menurunkannya 5 kg, maka dapat menurunkan tekanan darah mereka. Jadi, jika indeks massa tubuh Anda tinggi, maka fokuslah untuk menurunkan berat badan.

Tetap aktif

Pastikan tingkat aktivitas Anda sehari-hari adalah sekira 30 menit. Tanpa aktivitas, Anda mungkin tidak dapat mengatasi masalah kesehatan tertentu, termasuk hipertensi dan kolesterol.

Berhenti merokok

Orang dengan tekanan darah tinggi sudah sepatutnya berhenti dari kebiasaan merokok. Karena, merokok dapat meningkatkan risiko masalah kardiovaskular.

Rutin cek tekanan darah

Lakukan pemeriksaan kesehatan untuk memantau segala jenis masalah pada tubuh, termasuk tekanan darah. Jadikanlah ini menjadi kebiasaan atau gaya hiudp sehat untuk mencegah berbagai penyakit.



Source link

0 Response to "Panduan Tepat Cegah Hipertensi & Kolesterol"

Posting Komentar