Makanan Berbahan Tepung Alternatif Nasi Kaya Gizi




SUMBER karbohidrat untuk energi tidak hanya didapat dari nasi. Kita perlu variasi makanan karbohidrat lainnya agar mendapat kebaikan gizi lebih dan tidak bosan. Jika Anda ingin mencari alternatif pengganti nasi, mengapa tidak coba makanan berbahan tepung?


Tepung terigu adalah bumbu halus dari bulir gandum yang memiliki kandungan gizi termasuk karbohidrat, protein, juga vitamin B kompleks yang bermanfaat untuk fungsi metabolisme pencernaan, fungsi kerja saraf. Tepung yang berbahan gandum utuh baik untuk penyerapan lemak jahat dan mengurangi kolesterol jahat, kata ahli gizi Siti Maulina Sari.


“Jadi, selain nasi, kita bisa makan pasta, sereal, atau roti yang juga kaya karbohidrat. Pada roti misalnya terdapat protein lebih yang disebut gluten yang cukup lama dicerna tubuh. Makanya kalau sudah makan roti, sebaiknya jangan makan nasi lagi,” sarannya dalam seminar di KidZania, Pacific Place Mall, kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis (17/3/2016).


Konsultan gizi diabetesi tersebut menambahkan, tepung terigu berbahan gandum juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, vitamin E, juga asam folat yang baik untuk pembentukan sel baru dan sel darah, juga mineral seperti magnesium, tembaga, fosfor, seng, mangan, dan zat besi.


“Tidak hanya bahan makanan berbahan tepung terigu gandum, kacang-kacangan, serealia yang tidak melalui proses panjang dan pemisahan kulit biji-bijian mengandung tinggi serat. Oleh karena itu, makanan bersumber karbohidrat seperti ini bagus untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan dan menjaga gula darah tetap normal,” tambahnya.




Source link

0 Response to "Makanan Berbahan Tepung Alternatif Nasi Kaya Gizi"

Posting Komentar