Ini Akibat Lelaki Jarang Mengecek Alat Kelaminnya




SETIAP kali buang air kecil atau mandi, Anda para laki-laki pasti senantiasa membersihkan alat kelamin Anda. Tapi apakah Anda pernah benar-benar meraba dan mengecek organ seperti testikel, selain batang penis?


Penelitian baru, mengungkapkan bahwa sementara hanya 25 persen laki-laki yang pernah benar-benar memeriksa testis mereka secara teratur, 22 persennya tidak pernah mau repot-repot memeriksa organ di sekitar batang penisnya sama sekali.


Yang mengejutkan, 78 persen laki-laki dari usia 18-24 tahun tidak bisa tahu bahwa mereka berada di kelompok usia yang paling berisiko terkena kanker testis. Penelitian yang dilakukan oleh kelompok amal Orchid juga mengungkapkan bahwa laki-laki lebih dari usia 55 tahun justru lebih sadar akan risiko kanker testis dan paling teratur dalam memeriksa testis mereka sebulan sekali.


Perlu diketahui, kanker testis mempengaruhi lebih dari 2.200 orang setiap tahun dan sekitar 60 pemuda akan meninggal karena kanker testis setiap tahunnya. Ini paling umum mempengaruhi laki-laki antara usia 15-45 tahun.


Jika dapat dideteksi lebih dini, laki-laki dengan kanker dapat mengharapkan tingkat kesembuhan tinggi dengan 98 persen pasien berhasil mengatasi penyakit ini. Oleh karena itu deteksi dini melalui pemeriksaan mandiri adalah cara terbaik dan termudah untuk memerangi penyakit ini. Berikut langkahnya, seperti dilansir dari Femalefirst, Jumat (18/3/2016).


1. Periksa seluruh permukaan masing-masing testis secara terpisah, dan hati-hati, menggunakan satu atau dua tangan.


2. Gerakan ibu jari dan telunjuk di antara testikel untuk memeriksa bahwa permukaan bebas dari gumpalan atau benjolan di dalam. Tapi, jangan diperas!


3. Kenali testikel Anda, baik dari ukuran, tekstur, dan anatominya. Kenali juga mana yang epididimis atau saluran pengumpul sperma yang sering dianggap benjolan abnormal di belakang setiap testis.


4. Dorong pasangan Anda untuk membantu Anda memeriksa testis Anda.


Jika benjolan seukuran kacang kecil atau kelainan pada testis ditemukan, Anda harus pergi ke dokter lebih dini.




Source link

0 Response to "Ini Akibat Lelaki Jarang Mengecek Alat Kelaminnya"

Posting Komentar