Ayah Ini Tenangkan Bayinya yang Menangis dengan Trailer Star Wars



Jakarta, Berbagai cara dilakukan orang tua untuk menenangkan bayinya yang menangis. Hal itu pula yang terjadi pada seorang ayah ketika menggunakan trailer film 'Star Wars: The Force Awakens untuk menenangkan putrinya yang menangis'.

Dalam sebuah video berdurasi 2 menit 25 detik yang diunggah ke Youtube dengan akun Bryan Laurel, tampak seorang bayi perempuan mungil mengenakan pakaian merah muda sedang menangis. Kemudian, si ayah yang tak lain adalah Bryan mulai memutarkan trailer Star Wars di smartphonenya.

Setelah mendengar musik di trailer tersebut, perhatian bayi bernama Jedi ini mulai teralihkan. Tangisnya pun mereda. Layaknya anak dewasa, Jedi memperhatikan dengan seksama layar smartphone hingga tangisnya benar-benar berhenti.

"Setelah mengajaknya berbicara, bernyanyi, membuat wajah konyol untuk menenangkan anak perempuan usia 2 minggu yang menangis dan tidak berhasil, akhirnya saya bisa menenangkan Jedi dengan klip itu," tulis Bryan.

Dihubungi detikHealth pada Jumat (18/3.2016), dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Soetomo mengatakan terhentinya tangis bayi ketika melihat trailer film seperti yang dialami Jedi bisa terjadi karena bayi mengalami distraksi. Sebab, pada dasarnya bayi memang mudah terdistraksi.

Baca juga: Agar Anak Tak Tantrum, Yuk Latih Ia Mengekspresikan Perasaannya

"Distraksi bisa berupa suara, diajak nyanyi atau ngobrol misalnya. Dan belum tentu juga benda atau sesuatu yang sudah dia kenal sebelumnya, tidak bisa mengalihkan perhatiannya sehingga berhenti nangis. Kadang benda yang sudah dikenal anak pun bisa aja mendistraksi anak," tutur ibu satu anak ini.

Berhasil atau tidaknya mendistraksi anak agar berhenti menangis menurut dr Meta juga tergantung dari apa penyebab tangisan anak. Misal ia menangis karena popok yang basah, menurut dr Meta didistraksi seperti apapun maka anak tidak akan berhenti menangis karena ia tidak nyaman popoknya basah.

Menggunakan gadget untuk mengalihkan perhatian anak memang kembali lagi pada keputusan orang tua. Namun, American Academy of Pediatric (AAP) merekomendasikan agar anak di bawah usia dua tahun tidak memiliki screen time sama sekali. Termasuk di dalamnya menonton TV dan menggunakan gadget, misalnya melihat tayangan video di smartphone.

Baca juga: Anak Cengeng Perlu Dididik dengan Cara Ini

(rdn/vit)

Source link

0 Response to "Ayah Ini Tenangkan Bayinya yang Menangis dengan Trailer Star Wars"

Posting Komentar