Asal Usul Hidangan Kari dari India




MAKANAN dengan bumbu kari sudah sangat populer di dunia. Namun tahukah Anda, bahwa sejatinya masakan dengan bumbu kari ini berasal dari India.


Seperti dilansir Foodservicewarehouse, Jumat (18/3/2016), India sering dianggap sebagai tanah kelahiran sajian kari. Sama halnya seperti pasta di Italia, hidangan kari di India sangat beragam. Setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri akan kari.


Beberapa diantara hidangan kari yang populer di India adalah masala, terbuat dari campuran rempah dan herbal, lalu dicampur dengan ghee, dan krim untuk menciptakan rasa yang khas. Kemudian vindaloo, sebuah kari yang punya rasa sangat pedas, karena menggunakan lada hitam dan air perasan jeruk lemon.


Lalu ada tandoori, sajian kari yang lebih light, dibuat dari oven tanah liat khusus, dan dikenal sebagai tandoor. Ada madras, sajian kari pedas yang sedikit asam dengan air perasan jeruk lemon dan tomat.


Lebih lanjut, bumbu dan rempah khas yang kerap digunakan dalam kari ala India di antaranya adalah adas kari, asafetida, daun salam, kapulaga, cassia (kulit kayu manis), kayu manis, cengkeh, ketumbar, jintan, daun kari, biji adas, fanugreek, bawang putih, jahe, biji mustard, pala, asam, kunyit, ghee, bawang, paneer (keju segar ala India), kacang polong, kentang, lemon dan tomat.





Source link

0 Response to "Asal Usul Hidangan Kari dari India"

Posting Komentar