Kebiasaan Minum Kopi Ternyata Lindungi Hati




TIDAK ada halangan untuk menghindari kebiasaan minum kopi. Selama Anda masih mengonsumsinya dalam batas wajar, kopi dapat bermanfaat, di antaranya untuk melindungi hati Anda, kata penelitian dari University of Southampton di Inggris Raya.


Setelah menganalisis data pada 432.000 orang dari 5 studi terpisah, para peneliti menyimpulkan bahwa orang yang minum satu cangkir kopi sehari 22 persen lebih rendah risikonya mengembangkan sirosis, yaitu kondisi parut pada hati yang dapat menyebabkan gagal fungsi.


Orang yang minimum dua cangkir kopi sehari 43 persen lebih rendah risikonya untuk mendapatkan penyakit sirosis. Sedangkan, mereka yang minum empat cangkir sehari memiliki risiko 65 persen lebih rendah.


Seperti dilansir dari Menshealth, Kamis (17/3/2016), studi ini tidak memisahkan antara kopi tanpa kafein dan kopi biasa. Tapi, peneliti melihat ada kemungkinan efek positif dan protektif tersebut tidak dipengaruhi, kata penulis studi Oliver Kennedy, MD.


Jadi jika Anda ingin menjaga hati atau liver Anda tetap sehat, pertimbangkan untuk menambahkan dua cangkir atau kopi Anda sehari. Tak hanya itu, menjaga berat badan tetap sehat dan membatasi konsumsi alkohol juga penting, kata Dr Kennedy.



Source link

0 Response to "Kebiasaan Minum Kopi Ternyata Lindungi Hati"

Posting Komentar