Gizi Seimbang Bukan Hanya tentang Makanan




GIZI seimbang sangat penting untuk memastikan hidup sehat. Namun, ini tidak hanya tentang mengatur makanan yang kita makan. Hal lain seperti perilaku hidup bersih dan aktivitas fisik juga diperlukan untuk mendukung pola gizi seimbang.


Dikatakan ahli gizi Siti Maulina Sari, SGz, ada empat prinsip gizi seimbang yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.


Penganekaragaman makanan


Setiap hari kita harus memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan air. Ini didapatkan dari makanan yang beraneka ragam. “Contohnya, kita jangan makan nasi saja. Kita bisa menggantinya dengan pasta atau sereal untuk sarapan,” ujar konsultan gizi tersebut.


Bisakan perilaku bersih dan sehat


Membiasakan perilaku bersih dan sehat juga akan mendukung diet yang dikonsumsi memberi manfaat lebih bagi tubuh. “Sederhananya ini bisa dilakukan dengan rajin mencuci tangan, hindari jajanan yang dibuka atau dibuat olah penjual yang tidak memerhatikan kebersihan,” terangnya.


Biasakan aktivitas fisik


Aktivitas fisik penting untuk mengatur seberapa banyak masukan kalori yang akan terbakar. Tidak hanya itu, banyak bergerak juga mendukung metabolisme makanan di dalam tubuh.


Memantau berat badan


Berat badan kita utamanya dipengaruhi oleh seberapa banyak kalori dan gizi yang diserap tubuh. “Untuk itu, kita perlu memantau berat badan untuk mengecek pertambahan atau penurunan berat badan, atau mempertahankan berat badan yang sudah normal,” tutupnya.



Source link

0 Response to "Gizi Seimbang Bukan Hanya tentang Makanan"

Posting Komentar