Benarkah Air Es Picu Bayi Lahir Besar?




SEJAK lama muncul mitos bahwa ibu hamil yang sering minum air es, ia akan melahirkan bayi dengan berat badan besar. Padahal tidak ada kaitan erat yang menghubungkan pernyataan itu.


"Air tidak mengandung kalori sama sekali. Apalagi kalau minum air es gak ada kaitannya kalau seorang ibu hamil bisa melahirkan bayi besar," terang Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Dr dr Budi Iman Santoso SpOG(K), saat ditemui di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.


Mitos ini, menurut dia, sebenarnya hanya mendidik ibu hamil yang memiliki sistem imunologi menurun. Akibatnya, Anda akan mudah sakit apabila berlebihan minum air es dan mengganggu kesehatan janin.


"Logikanya kalau minum air es hanya mengganggu termoregulasi janin dan imunologi ibunya menurun. Gak usah mikir yang gak masuk akal soal mitos ini," imbuhnya.


Akibatnya, tambah dia, ibu hamil cepat jatuh sakit. Juga, Anda tidak dapat memenuhi asupan nutrisi harian sesuai kebutuhan.


"Kebanyakan minum air es juga membuat ibu hamil intake makanan jadi kurang. Ini karena kekenyangan minum air es dan gak mau makan lagi kalau tidak lapar," tukasnya.




Source link

0 Response to "Benarkah Air Es Picu Bayi Lahir Besar?"

Posting Komentar