'Basah' Keringatan Santap Lezatnya Oseng Mercon




SUKA masakan pedas? Silahkan mencicipi oseng mercon saat berkunjung ke Kota Gudeg Yogyakarta. Siap-siap 'mandi' keringat karena rasa pedasnya


Lokasinya cukup mudah terjangkau, yakni di Jalan Purwodiningratan, Ngampilan, Kota Yogyakarta. Jika Anda melihat  warung kecil dengan cat hijau, di situlah tempat makannya.


"Sini kalau buka pagi sampai sore. Saat malam, ada lagi penjual oseng mercon yang lesehan di pingir jalan depan toko-toko itu," kata Pamukas, pembeli yang terlihat keringatan tengah menyantap oseng mercon, Jum'at (18/3/2016).


Dia mengaku ketagihan dengan menu yang cukup pedas tersebut. Menu tambahan seperti tempe goreng, bacem tempe, bacem ayam, dan keripik disantap sebagai peredam rasa pedas di mulut saat dikunyah.


"Makan di sini harus keringatan, sensasi rasa pedasnya itu yang bikin enak. Perut ini rasanya hangat setelah makan, kenyang tentunya," celotehnya.


Sekilas, menu oseng mercon yang disajikan oleh Bu Narmi, pemilik warung makan tak sedap dilihat. Hanya gundukan nasi putih dengan oseng mercon. Oseng mercon itu berbahan dasar koyor, yakni gajih, kikil, dan irisan daging sapi yang dicampur.


Untuk bumbu juga cukup sederhana, hanya cabai rawit, bawang putih, dan merah yang digoreng terlebih dahulu. Selanjutnya, ditumbuk jadi satu dan dimasukkan dalam olahan bahan, ditambah sedikit gula jawa sebagai pemanis agar rasa tidak menyentak.




Source link

0 Response to "'Basah' Keringatan Santap Lezatnya Oseng Mercon"

Posting Komentar