Puteri Indonesia 2016 Kezia Warouw Kampanye Minum Jamu




Jakarta -
Puteri Indonesia 2016, Kezia Roslin Cikita Warouw, memang bukan orang Jawa. Tapi, wanita asal Minahasa, Sulawasi Utara, itu merasa perlu ikut melestarikan budaya minum jamu.

Kezia sejak kecil ternyata sudah dibiasakan ibunya untuk rutin mengonsumsi jamu. Masih teringat di benak Kezia tentang wejangan sang ibu bahwa minum jamu sangat baik bagi kesehatan.

"Dari aku kecil, ibu selalu mencekokiku jamu karena khasiatnya. Di keluargaku, minum jamu memang bukan sesuatu yang asing. Mungkin karena lama menetap di Jakarta, tanah Jawa," ungkap Kezia kepada Wolipop di W'dang Cafe, Grand Indonesia, Kamis (31/3/2016) siang.

Tidak seperti anak kecil umumnya, wanita kelahiran Jakarta, 24 tahun lalu, itu tidak merasakan sesuatu yang aneh pada rasa jamu. Kala itu, ia sering minum jamu hasil racikan penjual jamu gendong langganannya. Untuk jenis jamu favorit, pecinta olahraga voli itu menjatuhkan pilihan pada jamu beras kencur, temulawak, dan jahe.

"Kalau jahe, aku suka efeknya yang menghangatkan tenggorakan. Kebetulan tenggorakanku agak sensitif karena aku jarang minum air putih," ujar wanita yang memiliki tinggi tubuh 183 cm itu.

Merasakan sendiri manfaat baik dari jamu, Kezia pun ingin menurunkan kebiasaan minum jamu kepada anak-cucunya kelak. Tidak terbatas di lingkungan keluarga saja, ia juga tidak keberatan untuk mempromosikan minuman khas Jawa itu kepada khalayak luas meski dirinya berasal dari Manado.

Menurut pemegang gelar sarjana di bidang teknologi informasi itu, jamu adalah bagian dari kebudayaan Indonesia yang perlu dilestarikan oleh masyarakatnya sendiri tanpa melihat ras atau sukunya.

"Manado sendiri kaya akan hasil rempahnya dan perlu dilestarikan juga. Tapi itu bukan soal ini dari Jawa atau ini dari Manado. Ini tentang satu kesatuan Indonesia yang diperkaya oleh banyak kebudayaan, entah itu jamu, rempah, tarian, ataupun wastra tradisional. Sebagai warga negara yang baik, kita wajib mendukung segala upaya pelestariannya," jelas Kezia. (dtg/eny)



Source link

0 Response to "Puteri Indonesia 2016 Kezia Warouw Kampanye Minum Jamu"

Posting Komentar