Keuntungan Mengajak Anak ke Pertunjukan Musikal




Berdasar penelitian dan survei yang dilakukan oleh Universitas Arkansas pada tahun 2013, lewat jurnal berjudul "Learning from Live Theater" yang dimuat di educationnext.org, tercatat banyak manfaat psikologis yang terjadi pada anak akibat menonton pertunjukan teater secara langsung.


Usia 2 tahun sangat pas untuk mulai memperkenalkan pertunjukan teater sedari dini, sejak anak sudah mulai bisa duduk dan menikmati tontonan. Lantas, apa sebenarnya manfaat menonton pertunjukan panggung bagi tumbuh kembang anak? Temukan penjelasannya di bawah ini.


1. Merangsang panca indera & memahami cerita (kognitif)


Keseluruh panca indera anak dirangsang dengan sebuah tampilan yang baru. Ini bagus untuk menambah kepekaan dan fokus untuk menangkap semua informasi dan mengubahnya menjadi pemahaman. Kreativitas serta imajinasi anak juga bisa terbentuk lewat aktivitas karenanya.


2. Mengajak anak untuk belajar tentang ekspresi (emosi)


Emosi yang tertangkap pada mimik atau ekspresi pemain teater dan muncul berulang-ulang merupakan latihan yang bagus bagi anak untuk mengenali emosi. Ini merupakan kemampuan yang bagus apabila rajin dipupuk terus-menerus.


3. Mengasah keberanian


Anak akan duduk di kursinya sendiri, tidak dipangku lagi. Interaksi langsung juga mengasah keberaniannya, seperti misalnya ketika para pemain meminta menyanyi bersama, berdiri, atau hal lain yang membuat penonton bersama-sama mengikuti. Kemampuan motorik dan kepekaan terhadap ritme musik pun terlatih.


4. Belajar beradaptasi & menghargai orang lain (sosial)


Berhadapan dengan orang ramai yang tak dikenal, lampu ruangan yang diredupkan, dan situasi-situasi lain yang mengharuskan si kecil belajar menyesuaikan diri dengan sekitarnya.


5. Mengajarkan anak tentang bahasa (komunikasi)


Saat mendengar dan menyimak dialog ataupun lagu, anak mendapat stimulasi untuk menambah perbendaharaan kata baru. Bersiaplah menjawab pertanyaannya tentang arti sebuah kata asing yang baru di dengar.


6. Family bonding


Memang, tak penting seberapa banyak waktu yang Anda habiskan dengan anak untuk menumbuhkan ikatan dan kasih sayang, melainkan bagaimana Anda memanfaatkan waktu tersebut secara berkualitas. Menonton pertunjukan seni adalah salah satu kegiatan berkualitas yang bisa Anda lakukan untuk mempererat hubungan dengan anak.


7. Memperkenalkan dunia baru


Anak diajak untuk mengenal sebuah dunia baru yang belum ia ketahui. Dari pengalaman menonton pertunjukan teater, akan muncul banyak pertanyaan yang siap untuk didiskusikan dengan Anda. Tak hanya soal jalan cerita, si anak juga bisa ingin menuntaskan rasa ingin tahu soal orang-orang yang bekerja di balik kesuksesan sebuah pertunjukan.



Source link

0 Response to "Keuntungan Mengajak Anak ke Pertunjukan Musikal"

Posting Komentar