Mengenal Seputar Penyakit Kandung Empedu




SAAT Anda belajar biologi di sekolah dulu, apakah Anda paham apa itu kandung empedu? Mungkin Anda sudah lupa. Tapi ketika Anda kembali mendengar penyakit kandung empedu, Anda tentu berpikir apakah organ tersebut benar-benar penting?


Kandung empedu adalah organ kecil berbentuk buah pir yang terletak di kanan atas perut Anda dan di bawah liver. Penyakit terkait liver dan pencernaan lainnya bisa berdampak pada kandung kemih dan sebaliknya. Jadi sebenarnya fungsi apa dan apa saja yang bisa terjadi pada kandung empedu?


Membantu pencernaan


Kandung empedu menyimpan cairan empedu yang diproduksi hati atau liver untuk memecah lemak. Saat makanan dicerna, terutama makanan dengan lemak tinggi, kandung empedu beraksi mengeluarkan cairannya ke usus kecil. Dengan ini, lemak akan dapat dicernan dan mencegah Anda diare.


Batu empedu tidak selalu buruk



Batu empedu terbentuk saat senyawa yang membentuk empedu (kolesterol, elektrolit, air, dan yang lainnya) melebihi porsi yang seharusnya. Batu empedu yang terbentuk sering kali tidak diketahui dan dirasakan, sebelum Anda memeriksakannya ke dokter atau menyebabkan penyumbatan yang akan terasa sakit.


Kanker empedu langka namun serius



Walaupun tidak sering, kanker kandung empedu memiliki rasio kanker yang tinggi karena sulit dideteksi dini. Dilansir dari Womenshealthmag, Sabtu (2/4/2016), jika kanker pada organ ini diketahui sejak stadium 0 atau 1, harapan hidup lima tahun bisa mencapai 50-80 persen. Pada stadium lanjut, angkanya bisa lebih rendah lagi.


Kita bisa hidup tanpanya


Bila kandung empedu telah rusak, maka pengangkatan kandung empedu adalah hal yang umum dilakukan. Untungnya, kita bisa hidup tanpa organ khusus ini. Liver dapat tetap mengalirkan empedu ke dalam usus kecil untuk membantu proses pencernaan.



Source link

0 Response to "Mengenal Seputar Penyakit Kandung Empedu"

Posting Komentar