10 Makanan Wajib di Menu Orang Indonesia




KONON, orang Indonesia tidak bisa hidup tanpa makanan-makanan berikut ini. Anda pilih nomor berapa saja?

1. Sambal
Sambal sebenarnya merupakan makanan pelengkap untuk menemani menu-menu utama. Namun justru tanpa kehadirannya, makanan seolah menjadi hambar. Serunya, Indonesia yang memiliki sekian wilayah di dalamnya memiliki berbagai jenis sambal yang berbeda-beda tergantung karakteristik daerahnya.

2. Mi
Menu satu ini seolah seperti nasi bagi kebanyakan orang Indonesia, sebagai makanan pokok. Baik mi buatan sendiri, racikan, sampai mi instan menjadi favorit mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Menu-menu asli Indonesia yang menjadi favorit antara lain mi ayam dan mi bakso. Bahkan menu tersebut juga menjadi favorit orang asing yang datang ke Indonesia.

3. Bakso
Terbuat dari daging giling yang dibentuk bulat-bulat, ditambahkan mie, dalam kuah kaldu lezat, dan disantap panas-panas adalah keistimewaan makanan satu ini.     

4. Nasi Goreng
Nasi goreng termasuk salah satu menu paling banyak dipesan bule saat traveling ke Indonesia. Dengan bumbu dasar bawang merah, bawang putih, dan cabe yang ditumis, kemudian ditambahkan bumbu dan isian lain lalu diberi topping telur ceplok, membuat makanan satu ini tak kuasa untuk ditolak. Apalagi, di musim penghujan seperti sekarang ini. Pesohor dunia yang tercatat sangat menggemari menu ini adalah Barack Obama dan Shahrukh Khan!
 
4. Soto

Makanan berkuah ini memiliki kekhasan sendiri tergantung dari mana daerahnya berasal. Misalnya, soto dari Betawi atau Medan memiliki kuah santan sementara dari Pulau Jawa pada umumnya berkuah bening. Isinya juga bisa macam-macam, mulai dari daging ayam, sapi, sampai jeroan atau bagian dalam.   


5. Gado-gado
Sering disebut-sebut sebagai salad lokal, gado-gado berisi campuran macam-macam sayuran yang disantap dengan saus kacang. Terkadang dilengkapi dengan telur rebus dan disantap dengan lontong bahkan nasi.



Source link

0 Response to "10 Makanan Wajib di Menu Orang Indonesia"

Posting Komentar