Dokter: Tak Cuma Orang Dewasa, Diabetes Juga Incar Anak-anak



Jakarta, Selama ini diabetes lebih sering dikenal sebagai penyakit orang dewasa. Namun nyatanya penyakit ini diam-diam juga 'mengintai' anak-anak.

Seperti disampaikan oleh dr Em Yunir, SpPD dari RS Cipto Mangunkusumo, bahwa diabetes benar adanya bisa juga dialami oleh anak-anak.

"10-15 tahun lalu mayoritas jenis diabetes yang menyerang anak-anak adalah tipe 1, namun seiring perubahan kini pasien anak diabetes tipe 2 juga makin banyak," tutur dr Yunir dalam temu media di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, seperti ditulis pada Jumat (1/4/2016.)

Baca juga: Jangan Tunggu Komplikasi, Cek Gula Darah Rutin Sedini Mungkin! 

Menurut dr Yunir, tindakan medis yang diberikan pada pasien diabetes anak tidak jauh berbeda dengan pasien dewasa. Jika anak mengidap diabetes tipe 1, maka ia juga harus suntik insulin seumur hidupnya.

"Diabetes itu penyakit long life. Mengidap penyakit ini, 10 tahun kemudian komplikasinya mulai muncul," imbuhnya.

Meskipun demikian, anak yang terkena diabetes jika orang tuanya paham betul apa saja tindakan pengobatannya, lalu mau berdisiplin bersama-sama, maka kualitas hidup anak kelak bisa meningkat. Lain halnya jika orang tua tidak disiplin, kesehatan anak risikonya.

"Itu anak kalau sudah harus suntik insulin rutin, lalu dia lupa atau bosan terus tidak suntik, bisa koma efeknya," ujar dr Yunir.

Oleh sebab itu, dibutuhkan sikap disiplin sekaligus sabar dari pihak keluarga supaya perawatan anak dengan diabetes bisa terjaga dengan baik. Tak lupa, orang tua dan keluarga bisa sama-sama menerapkan pola hidup sehat untuk mengurangi risiko munculnya komplikasi lain.

Baca juga: Studi: Terlalu Banyak Duduk dan Kurang Olahraga Sebabkan Diabetes (ajg/up)

Source link

0 Response to "Dokter: Tak Cuma Orang Dewasa, Diabetes Juga Incar Anak-anak"

Posting Komentar