5 Tips Keuangan untuk Orang di Usia 20-an




Jakarta -
Masih berusia muda bukan berarti belum perlu mengelola keuangan dengan matang. Cermat mengatur keuangan di usia 20-an bisa membuat Anda lebih mapan di masa depan. Namun jangan berpikir Anda harus selalu berhemat dan tak bisa bersenang-senang. Tetaplah menikmati masa muda namun terapkan lima tips keuangan ini sebisa mungkin agar terhindari dari problema finansial di masa depan.

1. Menabung untuk Pensiun
Tak banyak orang berusia muda yang terpikir untuk mulai mengumpulkan dana pensiun. Terlebih mereka yang masih berpenghasilan rendah atau punya sejumlah hutang. Meski begitu, menabung untuk hari tua penting dilakukan sedini mungkin selagi Anda belum punya banyak tanggungan atau pengeluaran. Tak perlu menyisihkan terlalu banyak jika keuangan belum memungkinkan. Paling tidak Anda sudah menyicil sedikit uang agar masa tua lebih tenang.

2. Pengeluaran Sesuai Keuangan
Orang di usia 20-an biasanya baru mulai bekerja dan menerima gaji. Wajar jika mereka ingin membelanjakan penghasilan untuk barang-barang atau gaya hidup yang dahulunya diimpikan. Meski begitu, hindari menghabiskan terlalu banyak uang hanya untuk bersenang-senang. Jika Anda bisa berhemat saat muda, kebiasaan tersebut akan terbawa hingga usia matang.

3. Hindari Hutang Kartu Kredit
Penggunaan kartu kredit memang tidak dilarang. Namun hindari memanfaatkannya secara berlebihan yang membuat Anda banyak berhutang. Hutang di masa muda bisa 'menghantui' ketika Anda ingin membeli rumah, mobil, atau membangun keluarga di masa yang akan datang. Karenanya, gunakan kartu kredit untuk hal-hal mendesak atau untuk menghasilkan keuntungan.

4. Asuransi
Merasa masih muda dan sehat, orang di usia 20-an juga jarang memikirkan asuransi. Padahal mereka juga bisa sakit atau mengalami peristiwa kurang menyenangkan lain. Jika Anda memiliki penghasilan cukup, tak ada salahnya untuk membeli asuransi sesuai dengan kebutuhan atau prioritas hidup.

5. Kuatkan Dana Darurat
Usia 20-an juga merupakan momen yang tepat untuk mengumpulkan dana darurat. Dana darurat tersebut dibutuhkan sebagai cadangan jika sewaktu-waktu ada pengeluaran mendadak atau terjadi PHK. Menabung di waktu muda wajid dilakukan karena lebih mudah dari pada setelah berkeluarga dan memiliki anak. (ami/ami)



Source link

0 Response to "5 Tips Keuangan untuk Orang di Usia 20-an"

Posting Komentar