Waduh, Penyakit Parkinson Tidak Bisa Disembuhkan




PARKINSON ternyata salah satu penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Meski dengan operasi pembedahan, pasien tidak berarti sembuh total, melainkan hanya memperlambat gejalanya saja.


Dijelaskan Dokter Spesialis Saraf dr Frandy Susatia SpS, ada satu jenis operasi parkinson yang dikenal dengan istilah Deep Brain Stimulation (DBS). Operasinya berupa pemasangan alat seperti pacemaker yang dialiri listrik di dalam otak yang dapat dinyalakan dan dimatikan.


"Operasi DBS tidak bisa menyetop perjalanan penyakit. Hanya saja untuk memperlambat perjalanan penyakitnya dan meningkatkan kualitas hidup pasien," ujar dr Frandy saat ditemui di Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta Barat, kemarin 26 April 2016.


Operasi DBS, lanjut dia, sangat aman dilakukan, karena tidak merusak jaringan otak dan gejala parkinson dapat diminimalisir. Setelah menjalani operasi, pasien wajib menjalani gaya hidup sehat, agar penyakitnya tidak cepat kambuh.


Pada kesempatan sama, Spesialis Bedah Saraf Made Agus Inggas Mahendra SpBS mengatakan, operasi DBS dilakukan pasien sebagai pilihan terakhir jika gejalanya tidak dapat pulih dalam waktu lama.


"Operasi ini adalah pilihan terakhir dari perjalanan penyakit parkinson kalau tidak membuahkan hasil, meski sebelumnya pasien melakukan olahraga, fisioterapi, minum dan gaya hidup," terangnya.


Dia menambahkan, operasi DBS dilakukan untuk memacu dopamin dengan alat bantu agar kondisi pasien cepat pulih. Karena apabila kondisi penyakit parkinson berlanjut, tapi tidak segera dioperasi, maka dapat menurunkan kualitas hidup pasien sebesar 20 persen.



Source link

0 Response to "Waduh, Penyakit Parkinson Tidak Bisa Disembuhkan"

Posting Komentar