Cegah Diabetes pada Anak Meluas, Kemenkes Akan 'Hidupkan' UKS Lagi



Jakarta, Dulu keberadaan unit kesehatan sekolah (UKS) sempat sangat aktif. Namun belakangan ini sempat 'redup'. Padahal UKS dinilai dapat mencegah peningkatan penyakit pada anak, termasuk diabetes.

Lily Sriwahyuni Sulistyowati, MM sebagai Direktur Penyakit Tidak Menular Kemenkes RI membenarkan hal tersebut. Menurutnya, keberadaan UKS saat ini dinilai sangat penting.

"UKS saat ini sudah banyak yang aktif kembali. Saat ini program-program UKS sudah dikenalkan dengan perilaku CERDIK," tutur Lily dalam temu media di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, seperti ditulis pada Jumat (1/4/2016.)

Baca juga: Dokter: Tak Cuma Orang Dewasa, Diabetes Juga Incar Anak-anak 

Perilaku CERDIK yang dimaksud Lily adalah singkatan dari Cek kesehatan; Enyahkan asap rokok; Rajin aktivitas fisik; Diet sehat dengan kalori seimbang; Istirahat khusus, dan Kelola stres.

Penghidupan kembali UKS dengan program baru ini disebut Lily bukan hanya guna mencegah penyakit seperti diabetes, tapi juga penyakit-penyakit lainnya. Terutama yang berisiko menyerang anak-anak.

"Bukan hanya diabetes ya, tapi juga faktor-faktor risiko lain. Tapi jelas Kemenkes tidak bisa sendirian, dibutuhkan kerjasama banyak pihak untuk menjalankan program ini," ungkap Lily.

Diharapkan dengan aktifnya kembali UKS, anak-anak bisa lebih peduli lagi dengan kondisi tubuh dan kesehatannya masing-masing. Bahkan anak juga bisa saling mengingatkan dengan teman-temannya mengenai pentingnya pola hidup bersih dan sehat.

Baca juga: Jangan Tunggu Komplikasi, Cek Gula Darah Rutin Sedini Mungkin! (ajg/up)

Source link

0 Response to "Cegah Diabetes pada Anak Meluas, Kemenkes Akan 'Hidupkan' UKS Lagi"

Posting Komentar