Makanan Ini Mampu Mengurangi Kram Perut Selama PMS




Perempuan rata-rata setuju kalau PMS punya reputasi "buruk" dalam siklus hidup tiap bulannya. Bukan soal mood swing, namun efek tidak nyaman yang dirasakan pada fisik seperti misalnya kram perut, tubuh yang membengkak karena daya serap terhadap air tinggi, sakit kepala, sakit tulang punggung, dan lainnya! Namun, jangan keburu mengambil obat penghilang rasa sakit, kalau semua itu bisa diatasi dengan makan! Yuk, simak beberapa bahan makanan yang dapat mengurangi keluhan PMS. (Sumber: Womensbest)


1Panas adalah sahabat


    Panas membantu Anda lebih relaks, terutama saat otot-otot di uterus berkontraksi. Kompres area tersebut dengan air panas adalah cara termudah untuk mengontrol menstrual cramps. Cara lain, yaitu mandi dengan air hangat dan minum minuman yang hangat.


    2. Jauhi kafein dan produk dari susu


    Di saat genting seperti ini, cobalah untuk menjauh dulu dari kafein dan susu sebanyak mungkin. Karena mengonsumsi kopi dan susu dapat memperburuk kram pada perut.


    3. Zat besi


    Kurangnya nutrisi juga dapat memperburuk gejala-gejala yang dirasakan saat menstruasi. Anda bisa mengonsumsi vitamin zat besi khususnya di periode ini.


    4. Potasium & Magensium


    Kedua zat di atas dapat membuat otot uterus lebih relaks sehingga mengurangi kram yang terasa saat mereka berkontraksi. Di hari-hari menjelang kedatangan tamu istimewa, sambut dengan perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan kedua zat tadi, seperti pisang, sayuran hijau, salmon, dan tuna.


    5. Jahe, Adas, atau Kemangi


    Jahe adalah wonder herb yang secara efektif menghapus kram saat menstruasi. Jenis herbal lain yang memiliki fungsi mirip seperti jahe adalah adas dan daun kemangi. Tambahkan potongan kecil jahe ke dalam air panas atau teh, diminum sebanyak 3 kali sehari. Anda juga bisa mencoba minum teh adas, atau masukkan kemangi segar dalam menu makanan selama siklus menstruasi berlangsung.


    6. Minum suplemen minyak ikan


    Ternyata, asam lemak Omega-3 dapat membantu berkurangnya rasa sakit yang disebabkan oleh menstruasi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang rutin mengonsumsi suplemen ini mengalami kram tidak sehebat pada mereka yang tidak.


    7. Olahraga


    Berolahraga secara rutin, meski itu hanya berjalan kaki selama 30 menit tiap hari, ternyata dapat juga menjadi obat kram menstruasi.



Source link

0 Response to "Makanan Ini Mampu Mengurangi Kram Perut Selama PMS"

Posting Komentar