Peringati Hari TB, Menkes Nila Singgung Hubungan Penyakit dan Kesejahteraan


Jakarta, Menteri Kesehatan Prof Nila Moeloek, SpM(K) mengikuti peringatan Hari Tuberkulosis (TB) di rumah susun Marunda, Jakarta Utara. Dalam kesempatan ini, Menkes Nila menyinggung hubungan antara kesejahteraan penduduk dengan risiko penyakit.

Dikatakan Menkes, pada awalnya TB merupakan penyakit berbahaya dan tak tertangani. Namun seiring meningkatnya kesejahteraan penduduk, risiko terserang penyakit menular berbahaya seperti TB semakin berkurang.

"Dalam sejarahnya, TB dulu sempat sangat mematikan di Eropa. Tapi setelah revolusi industri dan kesejahteraan meningkat, mereka makin concern dengan perilaku hidup bersih dan sehat. Kasus TB pun berkurang," tutur Menkes Nila dalam peringatan Hari TB di Rusun Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu (2/4/2016).

Baca juga: Data Sebaran TB Kebal Obat di Indonesia: Tiap Tahun Meningkat

TB merupakan penyakit menular yang menyerang sistem pernapasan. Di kawasan kumuh dan miskin, TB rentan menular karena buruknya sistem sanitasi dan kesehatan lingkungan sekitar.

Menkes mengambil contoh kawasan Kalijodo yang baru-baru ini ditertibkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama. Dikatakan Menkes, kawasan Kalijodo yang kumuh dan rawan prostitusi dapat meningkatkan risiko penularan penyakit seperti TB dan juga HIV.

Menkes Nila menghadiri peringatan hari TB di rumah susun Marunda, Jakarta Utara (Foto: M Reza Sulaiman)

"Kalau sebelumnya Bapak Gubernur sempat cek ke sana, hampir seluruh penduduknya kena TB dan HIV. Maka dari itu betul sekali pengaturan ulang tata ruang kota sangat diperlukan untuk pembangunan kesehatan," tambahnya.

Ahok yang juga hadir dalam kesempatan tersebut mengamini pernyataan Menkes. Ia mengatakan penyakit menular seperti TB dan HIV sangat dipengaruhi oleh kawasan tempat tinggal. Itu sebabnya kegiatan preventif dan promotif sangat penting dilakukan.

"Satu orang kena TB bisa menularkan hingga 10 orang. Apalagi jika sudah kena HIV, daya tahan tubuh mereka buruk sehingga orang bisa meninggal lebih cepat jika kena TB dan juga HIV," tuturnya.

"Karena itu ini harus kita perangi bersama. Kita dorong masyarakat untuk berobat. Tinggal Bu Menteri suruh kita lakukan apa saja kita siap," tegas Ahok.

Baca juga: Begini Cara TB Kebal Obat Bisa Menjangkiti Seseorang(mrs/lll)

Source link

0 Response to "Peringati Hari TB, Menkes Nila Singgung Hubungan Penyakit dan Kesejahteraan"

Posting Komentar