Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Es Krim, Gelato & Sorbet



ANTARA es krim, sorbet dan gelato punya tampilan yang hampir serupa. Namun ketiganya jelas-jelas berbeda.


[Baca Juga: Ini Ciri Khas Es Krim ala Amerika]


Perbedaan itu dapat terlihat dari bahan baku yang digunakan. Karena itu simak ulasan singkatnya seperti dikatakan Donato Toce, dari Gelato Messina, Australia dalam acara bertajuk "Creating Modern Flavor Trends" bersama PT Sukanda Djaya di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa, 26 April 2016.


Es krim



Es krim terbuat dari campuran telur dan susu. Proses membuatnya diaduk dengan mesin dengan kecepatan cukup kuat. Karena itu kondimen udara di dalam es krim cukup banyak presentasenya dan masih terdapat kristal es yang membeku ketika disajikan.


Gelato


Meski bahan baku yang digunakan hampir mirip dengan es krim. Gelato punya presentase lemak dan kondimen udara lebih sedikit. Presentasenya hampir 50 persen lebih rendah dari es krim.


Dalam proses pembuatannya, gelato diaduk dengan kecepatan rendah. Hal itulah yang membuat gelato punya tekstur lebih lembut.


Sorbet



Lain hal dengan es krim dan gelato. Sorbet sama sekali tidak mengandung lemak dan susu. Sorbet murni terbuat dari campuran buah dan gula. Kristal es yang terkandung di dalamnya juga cukup kentara dan terasa jika sorbet disantap.



Source link

0 Response to "Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Es Krim, Gelato & Sorbet"

Posting Komentar