6 Tips Berikut Bisa Cegah Kulit Keriput. Nggak Percaya? Coba Aja



Kulit wajah kusam, kendur dan berkerut padahal usia masih tebilang muda. Wah, bagi kamu yang terutama wanita tentu hal ini menjadi momok yang menakutkan dan sebisa mungkin dihindari. Meskipun kita tahu, proses penuaaan itu pasti dan akan terjadi. Beberpa diantara kita semaksimal mungkin akan mencoba memperlambatnya atau bahkan mencegahnya. Makan buah, sayur-sayuran, menjaga gizi dan takaran makanan serta olahraga bahkan berbagai perawatan kecantikan adalah beberapa hal yang dilakukan.


Namun demikian, tanpa kita sadari ada kebiasaan sehari-hari yang tampaknya sepele ternyata berdampak besar memicu penuaan dini. Nah, buat kamuy yang tidak ingin mengalami penuaan dini, berikut tips-tips yang harus kamu perhatikan.


1. Stop Membiasakan Diri Menggunakan Sedotan Saat Minum.


Sedotan Saat Minum via www.merdeka.com

Sedotan Saat Minum via www.merdeka.com


Kebisaan pertama yang bisa membuat kita cepat tua adalah kebiasaan meminum-minuman dari kemasan botol dengan menggunakan sedotan. Selama ini kita menganggap minum dengan sedotan pelastik adalah hal yang biasa, namun hal tersebut ternyata tidak baik bagi kesehatan kulit. Sebab saat kita menggunakan seditan otomatis mulut kita akan mengerucut, inilah yang menyebabkan timbulnya kerutan pada wajah terutama bagian pipi. Gesekan antara kulit, bibir dan sedotan akan menimbulkan kerutan pada kulit yang sulit dihilangkan meski melalui faceal sekalipun.


Kerutan yang timbul saat menyedot minuman dengan sedotan menyamai apa yang dilakukan perokok saat mereka menghisap rokoknya.


Cara minum dengan meneguk langsung dari botol juga tidak baik karena saat meneguk air dari botol, bibir akan secara otomatis mengerut untuk menyesuaikan lubang dan lebar botor dan menyebabkan timbulnya garis-garis dan kerutan pada bibir. Dan jika diteruskan kebiasaan minum air dari botol lipatan-lipatan akan terbentuk pada bibir secara permanen tampak seperti kerutan. Untuk mengindarinya, sebaiknya gunakan gelas saat minum. Jika minuman yang kamu inginkan dikemas dalam botol, sebaiknya tuangkan dalam gelas. Minum dalam gelas atau wadah yang lebar akan membuat bibir bagian atas lebih rileks saat menguk air.


2. Kalau Tidak Ingin Cepat Keriput, Jangan Menghabiskan Waktu Lama-lama Di Tempat Ber-AC.


Tempat Ber-AC via carirumah.net

Tempat Ber-AC via carirumah.net


Kebiasaan lainnya yang membuat kita cepat tua adalah berada lama-lama di tempat ber-AC atau penyejuk ruangan. Berdiam diri di ruangan ber-AC memang suatu hal yang nikmat dan nyaman apalagi jika suhu udara memang sedang panas-panasnya. Tapi sadarkah kita jika terlalu lama berdiam diri di tempat ber-AC mempunyai pengaruh yang tidak baik bagi kesehatan kulit.


Ya, jika suhu udara terlalu dingin menima tubuh dalam jangaka waktu yang lama bisa menimbulkan penuaan kulit. Bahkan pendingin sentral yang biasa kita gunakan bisa membuat kulit kering dan tidak sehat dan akan menimbulkan keriput dan yang pasti akan mengurangi keindahannya.. Kulit kering akibat AC bisa dicegah dengan tindakan yang sederhana yaitu dengan memperbanyak minum air putih dan melakukan perawatan kulit dengan menggunakan produk-produk lotion yang bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit.


3. Pliss, jangan mendengarkan musik keras-keras jika menggunakan earphone.


musik keras-keras via konterkultur.com

musik keras-keras via konterkultur.com


Kemajuan teknologi memang selalu berinovasi seperti earphone, MP3, dan MP4 player yang memungkin kamu untuk mendengarkan musik dimanapun dan kapanpun. Namun, tahukah kamu jika mendengarkan musik atau menggunakan earphone terlalu sering dapat menyebabkan rusaknya kualitas pendengaran. Tidak ada satu hal pun yang membuat kamu merasa lebih tua daripada menyadari bahwa pendengaran kamu sudah lagi tidak maksimal.


Kehilangan pendengaran adalah gejaa umum prndengaran tapi sebaian dari kita kehilangan pendengaran karena mendengarkan musik yang terlalu keras melalui earphone. Meski mendengarkan musik melalui volume tidak menyebabkan kerusakan yang parah. Namun sebuah studi menunjukan bahwa mendengarkan musik dapat memengaruhi pendengaran sementara waktu.


Sebagian peneliti lain menunjukan bahwa mendengarkan musik yang terlalu keras bisa menyebabkan kerusakan permanent. Hasil penelitian menunjukan bawha ketika alat pemutar musik digital yang disambungkan dengan earphone pada volume optimal atau volume maksimal telinga hanya boleh terpapar maksimal 5 menit/hari. Jika lebih dari waktu ayng ditentukan resiko terjadi trauma bising akan lebih besar.


4. Hindari mencuci muka dengan menggunakan sabun mandi.


mencuci muka via www.hipwee.com

mencuci muka via www.hipwee.com


Meskipun kamu berpikir sabun adalah teman terbaik untuk kulit, namun kenyataannya tidak semua itu benar. Alasanya adalah kulit mempunyai lapisan asam yang merupakan pelindung alami. Ketika kamu membersihkan kulit dengan sabun yang pada umumnya mengandung alkali, maka lapisan tersebut akan membuang lapisan pelindung yang mengandung minyak dan menyebabkan pengeringan kulit yang akhirnya membuat kulit kamu keriput.


Tak hanya itu, ada juga beberapa sabun wajah yang kebanyakan memiliki sabun deterjen yang kasar serta dapat menghapus pelembab alami kulit. Inilah yang menyebabkan kekeringan pada kulit wajah, peradangan, iritasi, bahkan lama-kelamaan kulit akan kendur, kering dan kusam. Untuk mengatasi hal tersebut ada baiknya kamu memilih sabun yang memiliki bahan yang lebih halus agar tidak mengurangi atau menghialngkan minyak pada wajah.


Cobalah memilih sabun dengan PH netral atau sabun tanpa bahan kimia. Perlu diingat juga sebaiknya kamu jangan terlalu berlebihan saat membersihkan kulit kamu dengan mengguankan sabun. Mencucui wajah wajah terlalu sering akan mengikis lapisan pelindung alami. Jika sabun ada tidak memiliki bahan pelindung atau pelembab kulit sebaiknya pilihlah cairan pembersih muka daripada menggunakan sabun.


5. Atur Lagi Posisi Tidur Kamu


Posisi Tidur via www.cantik.co

Posisi Tidur via www.cantik.co


Posisi tidur kamu juga menentukan keadaan kulit. Posisi tidur miring ke kanan atau ke kiri semalaman akan membuat kulit kamu tertekan bantal dan kekurangan oksigen. Dan ketika kamu bangun dari tidur kulit kamu akan menjadi tidak segar. Jika tidur dengan hanya satu posisi merupakan kebiasaan kamu, hal ini ternyata beresiko menimbulkan kulit sekitar mata.


Selain itu, wanita yang sering tidur dengan posisi menyamping juga cenderung memiliki kerutan di sisi hidung dan kantung mata yang gelap, sirkulasi darah yang buruk dan bejolan merah disekitar wajah yang disebabkan oleh deterjen dan bahan kain yang digunakan untuk mencuci sarung bantal. Tidurdengan posisi tengkurep juag bisa membuat kulit wajah cepat keripiut.


Demikianlah informasi mengenai tips-tips mencegah keriput atau penuaan dini. Diaplikasiin lho ya, kasian kulit cantik kamu kalau nggak diperhatiin. Semoga bermanfaat. Dan selamat mencoba.





Source link

0 Response to "6 Tips Berikut Bisa Cegah Kulit Keriput. Nggak Percaya? Coba Aja"

Posting Komentar