Cara Penyajian ASIP yang Benar Supaya Sumber Protein Tak Hilang



Jakarta, Bagaimana cara penyimpanan atau penyajian ASIP (ASI Perah) yang benar supaya sumber proteinnya tidak hilang?

Achi (Wanita, 27 tahun)
achi1503XXXXX@gmail.com
Tinggi 154 cm, berat 42 kg
 
Jawaban

Untuk penyimpanan ASIP, diperlukan wadah bersih yang dapat ditutup rapat, bisa berupa botol plastik, botol kaca, atau plastik ASIP. Lama penyimpanan disesuaikan dengan dimana ASIP tersebut disimpan, apakah di suhu ruangan (6-8 jam), cooler bag/ box (24 jam), kulkas (1-2 hari), freezer 1 pintu (2 minggu), freezer 2 pintu (3-6 bulan), atau deep freezer (6-12 bulan).

Namun yang paling baik diberikan kepada bayi adalah ASIP yang paling segar (fresh ASIP), yaitu ASIP yang sesuai atau paling mendekati usia bayi. Hal itu dikarenakan komposisi ASI yang selalu berubah seiring waktu sesuai kebutuhan bayi.

Untuk penyajian, ASIP tidak boleh dipanaskan di atas api. Bila ASIP beku, maka diturunkan dulu ke kulkas bawah hingga mencair, lalu dikeluarkan ke suhu ruangan. Bila ingin segera digunakan, bisa dihangatkan, namun cukup dengan merendam sebentar dalam air hangat hingga suhu yang diinginkan.

Yang penting juga dalam hal ini, pemberian ASIP tidak boleh menggunakan media dot karena dapat menyebabkan masalah menyusui, masalah pada ibu, maupun masalah pada bayi.

Untuk lebih jelasnya, bila ibu bekerja, ibu disarankan ke Klinik Laktasi bersama keluarga dan pengasuh untuk diajarkan manajemen laktasi pada ibu bekerja, diantaranya mengenai perah ASI, ASIP handling (penyimpanan dan penyajian), fresh ASIP, pemberian dengan gelas, dan semua tips-tips agar tetap lancar menyusui walaupun ibu bekerja. Namun bila ibu tidak bekerja, sebaiknya menyusui langsung saja tanpa perlu perah-perah dan memberikan ASIP pada bayi.

dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC
Dokter Laktasi dan Ibu Menyusui di RS Permata, Depok
Ketua AKLII (Asosiasi Konsultan Laktasi Internasional Indonesia).
www.rspermatadepok.com(hrn/up)

Source link

0 Response to "Cara Penyajian ASIP yang Benar Supaya Sumber Protein Tak Hilang"

Posting Komentar