Wanita Indonesia Bergaji Lebih Tinggi dari Pria di Bidang Pekerjaan Ini




Jakarta -
Bukan rahasia lagi jika sebagian wanita di dunia mendapat penghasilan lebih rendah dari pria. Penyebabnya bisa berbagai hal, mulai dari tingkat pendidikan, ambisi, hingga kemampuan negosiasi gaji yang lebih tinggi.

Untungnya, kesenjangan pendapatan tidak terjadi di Indonesia. Menurut penelitian yang dilakukan Jobplanet, pekerja wanita di beberapa sektor bahkan punya rata-rata penghasilan yang lebih tinggi dari pria. Tak hanya itu, banyak pula wanita Indonesia yang dipercaya memegang posisi tinggi di perusahaan, tak terkecuali yang didominasi oleh pria.

Platform komunitas online itu menganalisa informasi gaji dari 60.000 responden di 35 provinsi. Penelitian dilakukan pada pengguna situsnya di tingkat staff dan menajer untuk menghitung rata-rata gaji berdasarkan bidang kerja mereka.

Dari penelitian, ditemukan jika wanita pada level staff di bidang engineering, hukum, serta riset dan pengembangan rata-rata berpenghasilan lebih tinggi dari pria. Mereka yang bekerja di industri teknik mesin dan riset punya gaji 10,1% lebih banyak dari rata-rata rekan pria. Lalu pendapatan wanita karier di bidang hukum lebih tinggi 10,2%. 

Hal serupa juga terjadi di tingkat manajerial. Manajer wanita dalam bidang pengembangan bisnis penghasilannya lebih tinggi 7,6% dari pria. Sedangkan di industri riset dan pengembangan, mereka bahkan bisa mendapatkan gaji 14% lebih banyak. Manajer wanita teknik mesin pun tidak kalah bersaing dengan rekan pria mereka karena berpenghasilan 13,2% lebih tinggi. Sementara dalam bidang akuntasi dan keuangan ada sekitar perbedaan gaji 10%.

"Hal ini tentu cukup mengejutkan, karena berdasarkan data yang kami peroleh dan analisis, ternyata beberapa bidang pekerjaan, terutama bidang engineering yang dikenal sebagai bidang yang didominasi oleh pria, justru memberikan gaji rata-rata lebih tinggi kepada karyawan perempuan," ungkap Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia.

Tak hanya di keempat industri tersebut, secara keseluruhan gaji bersih para staff wanita di Indonesia memang sedikit lebih tinggi 1,1%. Mereka rata-rata menerima sebesar Rp 3.660.000 per bulannya sedangkan pria mendapat Rp 3.621.000. Sementara untuk manajer, wanita menghasilkan Rp7.696.000 atau lebih besar 4,6% dibanding pria yang berpenghasilan Rp 7.356.000. 

"Jika dihitung secara keseluruhan, gaji rata-rata yang diperoleh karyawan wanita juga lebih tinggi daripada gaji rata-rata yang diterima oleh karyawan pria, baik di level staf maupun di level manajer. Meski demikian, perbedaan gaji rata-rata tersebut masih berada di bawah 5%, sehingga dapat dikatakan bahwa hampir tidak ada kesenjangan gaji antara karyawan pria dengan wanita," kata Kemas. (ami/ami)



Source link

0 Response to "Wanita Indonesia Bergaji Lebih Tinggi dari Pria di Bidang Pekerjaan Ini"

Posting Komentar