4 Desainer yang Merilis Koleksi dari Kain Lurik



Jakarta -
Kain lurik adalah salah satu kain tradisional Indonesia yang kini banyak digunakan untuk membuat busana modern. Motifnya yang hanya berupa garis lurus, baik membujur ataupun melintang banyak dikreasikan oleh para desainer menjadi atasan, rok, dress, blazer, dan masih banyak lagi. Siapa saja para desainer yang turut mengeluarkan koleksi dari kain lurik?

1. Lulu Lutfi Labibi







Desainer asal Yogyakarta ini menjadi salah satu desainer yang mempelopori perkembangan lurik di dunia mode Indonesia. Koleksi terbarunya bertajuk Jantung Hati yang memiliki arti pegangan spiritual untuk memulai proses kreatif.

Ada 10 koleksi yang dibawakannya dengan motif lurik klasik berwarna hitam, cokelat, dan putih sebagai material utama. Ia memadukannya bersama kain kembang batu yang biasa dipakai sebagai bahan kebaya. Potongan busananya bermain dalam garis asimetris dengan cutting yang terstruktur dan aksen draperi yang mendominasi rancangannya.

2. Didiet Maulana







Didiet menghadirkan lurik melalui Ikat Indonesia dengan mengusung konsep busana kasual dan ready-to-wear. Desainnya lebih playful dengan gaun berpotongan pas badan, cropped top, jaket, sweater, dan celana pipa.

Rancangannya dikombinasikan dengan tenun Endek dari bali. Perpaduan garis geometris dan motif tribal menyatu secara apik tanpa ada yang terkesan 'tumpang tindih.'

3. Stephanus Hamy







Pada 2012 silam, Stephanus Hamy pernah merilis koleksi lurik bertajuk Tenun to Lurik. Ia mengombinasikan kedua kain tradisional tersebut menjadi dress lurik yang dibalut oleh blazer dari tenun. Ia juga pernah merilis atasan lurik yang dipadukan dengan belt besar yang mirip seperti ciri khas budaya Betawi.

4. Zaskia Sungkar







Berkomitmen untuk selalu mengangkat wastra tradisional dalam setiap karyanya, Zaskia kali ini mengeksplor kain lurik Yogyakarta dan Solo sebagai material utamanya. Kain tersebut diolah menjadi outerwear, dress, dan atasan. Ia menambahkan aksen ruffle pada dress dengan dominasi warna hitam pada karyanya. (itn/itn)


Source link

0 Response to "4 Desainer yang Merilis Koleksi dari Kain Lurik"

Posting Komentar