Merokok Turunkan Kualitas Sperma, Ada Bahayanya terhadap Keturunan!




APAKAH Anda seorang perokok? Sebaiknya mulai berhenti dari kebiasaan buruk Anda tersebut. Karena, sebuah studi memperingatkan bahwa merokok dapat menurunkan kualitas sperma.


Studi ini meneliti 20 pria non-perokok dan 20 pria merokok. Ternyata, ditemukan bahwa sperma perokok mengalami kerusakan DNA lebih besar dibandingkan pria non-perokok.


Selain itu, peneliti juga menemukan adanya 422 protein dalam sperma peserta penelitian. Sekira 27 protein kurang terwakili dan 6 protein pada perokok. Analisis protein ini menunjukkan bahwa merokok dapat meningkatkan respon inflamasi pada saluran reproduksi pria.


"Semakin banyak studi menunjukkan efek berbahaya dari merokok terhadap kesuburan pria. Hasil penelitian kami menunjukkan ke arah perubahan air mani yang terkait dengan penurunan kapasitas sperma untuk fertilisasi dan menghasilkan kehamilan yang sehat," jelas penulis penelitian, Dr Ricardo Pimenta Bertolla yang dikutip Thehealthsite, Minggu (26/6/2016).


Bertolla menambahkan bahwa dalam penelitian ini, fragmentasi DNA sperma meningkat. Studi-studi lain telah mengusulkan ini berpotensi menimbulkan efek promutagenic, di mana DNA sperma yang berubah dapat menyebabkan masalah kesehatan pada keturunannya.




Source link

0 Response to "Merokok Turunkan Kualitas Sperma, Ada Bahayanya terhadap Keturunan!"

Posting Komentar