Manfaat Buka Puasa Bersama untuk Kemajuan Karier




ACARA buka puasa bersama atau ‘bukber’ di bulan Ramadan menjadi kesempatan untuk kumpul bersama teman kantor lama hingga kolega bisnis. Buka puasa bersama bukan semata-mata berkumpul untuk hura-hura. Nilai positif dari buka puasa bersama adalah mendekatkan ikatan tali silaturahim. Agar acara buka puasa bersama kolega lebih bermanfaat, jadikan kesempatan tersebut untuk menjalin networking.  


1. Suasana Lebih Cair


Setiap bulan Ramadan biasanya kita mendapat bermacam-macam undangan buka puasa bersama. Acara buka puasa bersama menjadi momentum yang pas untuk berkumpul santai sambil makan-makan.


Meski demikian, tidak diharamkan bicara bisnis. Momen buka puasa bersama membuat suasana lebih cair untuk bicara bisnis dengan santai dibandingkan saat meeting di waktu rapat kantor.


2. Mendekatkan Hubungan


Setelah sekian lama tak bertemu momentum buka puasa bersama menjadi ajang kumpul-kumpul santai. Ajang buka puasa bersama bekas teman sekolah atau kuliah atau teman kantor lama bisa mendekatkan kembali hubungan setelah sekian lama terpisah.


Nah, dari situ Anda bisa mulai bertanya kegiatan kawan Anda saat ini. Dari mendengarkan, Anda bisa mulai mencari peluang menciptakan kerjasama.


3. Memperluas Jaringan


Saat buka puasa bersama dengan bekas teman sekolah atau kuliah, Anda akan bertemu bermacam-macam orang dari latar belakang pekerjaan. Ini akan membantu Anda memperluas jaringan. Biasanya mereka juga akan membawa pasangannya masing-masing maka ajaklah mengobrol.


Jangan batasi diri hanya bicara dengan kawan Anda. Biar bagaimana pun, menambah kenalan baru tidak ada ruginya. Siapa tahu, suatu saat bisa menjadi klien potensial Anda. Atau mungkin sebagai pembuka jalan untuk karier yang lebih menjanjikan.


4. Membaur    


Saat buka puasa bersama manfaatkan untuk ngobrol. Perkenalkan pekerjaan dan bisnis yang sedang Anda jalani. Siapa tahu, lawan bicara Anda punya minat yang sama. Kalau sudah begitu Anda jadi bisa melakukan bisnis bersama. Tidak tertutup kemungkinan dia bersedia menjadi angel investor Anda. 


5. Tindaklanjuti silaturahmi


Dengan berkembangnya media sosial, seperti kemunculan Facebook, Twitter, Instagram, atau Path seringkali dimanfaatkan untuk mengunggah foto-foto berbagi keceriaan. Acara kumpul-kumpul seperti buka puasa bersama dibarengi dengan foto bersama dan saling pamer foto di sosial media masing-masing.


Tanyakan akun Facebook, Twitter, Instagram, atau Path teman-teman dan jalin pertemanan di dunia maya. Ini akan menjadikan networking dengan teman Anda tetap terjaga setelah acara buka puasa berakhir.



Source link

0 Response to "Manfaat Buka Puasa Bersama untuk Kemajuan Karier"

Posting Komentar