Studi: Bayi Prematur yang Minum ASI Punya Jantung yang Lebih Kuat



Jakarta, Air susu ibu (ASI) tak dipungkiri merupakan sumber asupan nutrisi terbaik bagi bayi, termasuk bayi lahir prematur. Studi ungkap konsumsi ASI membantu menyehatkan dan menguatkan jantung bayi prematur.

Studi sebelumnya menemukan bahwa orang dewasa yang terlahir prematur kebanyakan mengalami pengurangan fungsi dan volume jantung, dibandingkan dengan mereka yang lahir tepat waktu. Namun studi terbaru kini menemukan bahwa kondisi tersebut bisa dikurangi jika sejak bayi diberikan ASI eksklusif.

Peneliti Dr Adam Lewandowski dari Oxford University mengatakan bahwa ada beberapa komponen khusus yang dapat membantu pertumbuhan bayi, yang hanya dimiliki oleh ASI. "ASI juga punya kandungan pembentuk enzim dan antibodi yang baik bagi perkembangan bayi," pungkas Lewandowski, seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (16/6/2016).

Baca juga: Yuk Ketahui Perawatan-perawatan yang Diberikan untuk Bayi Prematur

Dalam studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics tersebut, Lewandowski melakukan pengamatan terhadap lebih dari 900 data orang dewasa. Dari data-data tersebut, 102 responden di antaranya diteliti lebih jauh mengenai kesehatan jantungnya.

Menanggapi studi ini, Prof Russell Viner dari Royal College of Paediatrics and Child Health mengatakan bahwa hasil studi tersebut menambah manfaat luas yang sudah diketahui tentang ASI.

"Bayi prematur lahir sebelum mereka secara fisik siap untuk hidup di luar rahim, oleh sebab itu ASI berperan sangat penting. ASI melindungi bayi yang rentan dari infeksi, serta menyehatkan bagi otak, tekanan darah dan kekuatan tulang. Kini terungkap ASI juga baik bagi jantung bayi prematur," tuturnya.

Baca juga: Momen 'Ajaib' Saat Para Ibu Menidurkan Bayinya(ajg/vit)

Source link

0 Response to "Studi: Bayi Prematur yang Minum ASI Punya Jantung yang Lebih Kuat"

Posting Komentar