Ibu Hamil Konsumsi Ganja, Bayi Berisiko Alami Kerusakan Otak



Jakarta, Konsumsi ganja bisa membahayakan kesehatan, tak terkecuali bagi ibu hamil. Sebab, studi baru menyebutkan bahwa konsumsi ganja pada ibu hamil berpotensi merusak perkembangan otak anak.

Disebutkan dalam studi baru dari Erasmus University Medical Center di Belanda, bahwa diperkirakan 2 sampai 12 persen wanita di dunia menggunakan ganja selama masa kehamilannya.

Sementara itu, studi sebelumnya mengatakan bahwa konsekuensi dari kebiasaan terpapar asap rokok ganja sebelum melahirkan sudah diketahui dalam jangka pendek dan jangka panjang. Namun efek pada morfologi bayi nantinya belum diketahui.

Baca juga: Studi: Paparan Asap Rokok Jadikan Anak-anak Lebih Agresif

"Penelitian ini penting karena rokok ganja yang digunakan selama masa kehamilan relatif terjadi dan masyarakat umum hanya mengetahui sedikit konsekuensi dari paparan asap rokok ganja selama masa kehamilan dan perkembangan otak anak di kemudian hari," ucap Hasan El Marroun, dikutip dari berbagai sumber.

Penelitian ini melibatkan 54 anak yang berumur 6-8 tahun yang sebelum dilahirkan terpapar asap rokok ganja. Dalam studinya, peneliti menggunakan struktur Magnetic Resonance Imaging (MRI) untuk memeriksa otak mereka. Diketahui, anak yang terpapar asap rokok ganja juga terpapar asap rokok tembakau.

Kemudian, peneliti membandingkan struktur otak mereka dengan 96 anak yang terpapar asap tembakau sebelum dilahirkan serta 113 anak yang tidak terpapar asap apapun.

"Hasilnya menunjukkan perbedaan ketebalan lapisan otak anak. Pada anak yang terpapar asap rokok ganja, lapisan prefrontal cortex (bagian anterior otak yang terletak di Lobus Frontal) mereka lebih tipis daripada anak yang juga terpapar asap tembakau atau tidak terpapar asap keduanya," kata El Marroun.

Sementara, tidak ditemukan perbedaan volume otak pada ketiga kelompok anak. Studi ini sudah diterbitkan di jurnal Biological Psychiatry.(rdn/rdn)

Source link

0 Response to "Ibu Hamil Konsumsi Ganja, Bayi Berisiko Alami Kerusakan Otak"

Posting Komentar