Saat Berlari, Tubuh Melepas Protein yang Bisa Memperkuat Daya Ingat



Jakarta, Sudah banyak penelitian yang mengungkap manfaat olahraga lari. Dalam penelitian terbaru, para ilmuwan mengaitkannya dengan kesehatan otak, khususnya kemampuan mengingat.

Para ilmuwan dari National Institute on Ageing mengungkap bahwa saat berlari tubuh melepaskan protein yang diyakini bisa meningkatkan kemampuan mengingat. Protein yang dinamakan cathepsin B ini juga meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak.

Dalam sebuah eksperimen, sekelompok ilmuwan yang dipimpin oleh dr Henriette van Praag mengamati tikus-tikus dengan kemampuan mengingat yang berbeda-beda. Selama beberapa hari, tikus-tikus tersebut dipaksa melakukan olahraga.

Para ilmuwan lalu mengukur kadar protein tertentu yang ada di tubuhnya. Mereka juga membandingkan kemampuan mengingat tikus-tikus tersebut dengan sebuah permainan untuk menemukan lokasi.

Baca juga: Penelitian Ini Buktikan Sepatu Lari Bisa Mengubah Otot Kaki

Hasilnya, tikus-tikus mengalami peningkatan kadar protein cathepsin B setelah dipaksa berlari-lari. Peningkatan kadar protein tersebut juga dibarengi dengan peningkatan kemampuan menemukan lokasi, yang berarti kemampuan mengingatnya menjadi lebih baik.

"Pada manusia yang berolahraga secara konsisten selama 4 bulan, peningkatan performa pada kemampuan mengingat berhubungan dengan peningkatan kadar cathepsin B," kata dr van Praag, dikutip dari Dailymail, Sabtu (25/6/2016).

Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Cell Metabolism.

Baca juga: Satu Lagi Bukti Olahraga Bisa Memperkuat Ingatan(up/vit)

Source link

0 Response to "Saat Berlari, Tubuh Melepas Protein yang Bisa Memperkuat Daya Ingat"

Posting Komentar