Peran Orangtua dalam Keharmonisan Pernikahan Anak




SALAH satu tugas orangtua adalah membekali anak-anak agar sukses membina rumah tangga kelak. Hal ini penting karena pernikahan merupakan masa depan mereka dan salah satu bagian dari hidup yang harus dijalani.


Untuk itu,orangtua harus memberi pemahaman sedini mungkin dan mencontohkan tentang bagaimana membina rumah tangga yang sehat. Berikut adalah hal yang bisa dilakukan orangtua pada anak.



Membuat anak-anak ingin menikah


Ketidakharmonisan rumah tangga orangtua membuat anak trauma dan tidak ingin menikah. Hal ini jangan sampai terjadi. Orangtua harus menunjukkan rumah tangga yang sehat dan harmonis agar menjadi contoh bagi anak.


Buat hubungan anak akur dengan saudaranya


Hal ini mungkin tampak tak ada hubungannya, tapi rupanya sangat berpengaruh. Hubungan antar saudara di masa kecil mencerminkan banyak aspek dari suami-istri di masa dewasa. Yaitu, berbagi ruang, berbagi tanggung jawab dan cinta.


Bantu anak memilih teman dekat


Teman memberi pengaruh besar bagi anak, tak peduli berapa usia mereka. Oleh sebab itu, bantu anak memilih teman yang memiliki karakter baik dan potensial dalam membawa dampak positif.


Ajari anak tentang persiapan sebelum menikah


Persiapan sebelum menikah tak harus menunggu ketika anak sudah dewasa dan memiliki kekasih. Ajari anak tentang toleransi, pengertian, kasih sayang, tanggung jawab sejak ini. Sebab, hal ini akan menjadi bekal utama membangun rumah tangga. Demikian dilansir Familyshare, Minggu (26/6/2015).




Source link

0 Response to "Peran Orangtua dalam Keharmonisan Pernikahan Anak"

Posting Komentar