Studi: Belajar di Ruangan Bercat Terang Bikin Konsentrasi Anak LebihBaik



Mengubah warna cat kamar anak bisa mengganti suasana agar si anak tidak bosan. Namun selain itu, warna yang digunakan di kamar anak berpengaruh lho pada kemampuan anak dalam belajar.

Baru-baru ini, sebuah studi dari Australia menemukan bahwa warna cat kamar anak berkaitan dengan kemampuan anak berkonsentrasi saat belajar. Science Network WA melaporkan peneliti menemukan warna khusus yakni kuning dan merah, serta warna cerah lain bisa bermanfaat bagi anak.



"Warna cerah bisa membuat kemampuan anak belajar jadi lebih baik. Kami berasumsi bahwa kondisi warna cerah yang cenderung 'hidup' bisa meningkatkan gairah dan semangat, termasuk semangat belajar anak ke tingkat yang optimal," tutur salah satu penbeliti, Aseel Al-Ayash, dikutip dari Fox News.

Baca juga: Ajarkan Disiplin, Ortu Ini Suruh Anaknya 'Tinggal' di Tenda Saat Siang Hari

Untuk studi ini, Aseel dan timnya menempatkan partisipan di enam ruangan dengan warna cat tembok berbeda. Kemudian, masing-masing partisipan diberi materi untuk dibaca dan setelahnya mereka diberi pertanyaan seputar isi materi.

Hasilnya, mereka yang berada di ruangan dengan warna cat tembok terang lebih banyak menjawab pertanyaan dengan benar. Meskipun, sekitar dua per tiga peserta mengaku merah menjadi warna yang buruk bagi mereka. Justru, mereka beranggapan warna yang lebih pucat akan lebih baik karena membuat mereka merasa tenang.

"Tapi warna pucat yang cenderung memberi perasaan tenang dan rileks tidak bisa membantu siswa untuk tetap waspada dan aktif. Sebaliknya, kamar dengan warna cerah bisa menstimulasi aktivitas saraf," kata Aseel.

Meskipun, ia juga menyoroti bahwa faktor lain pun pastinya berkontribusi pada mudah tidaknya seseorang berkonsentrasi saat belajar. Namun setidaknya, melalui studi ini, Aseel dan tim dapat memberi rekomendasi tambahan bagi sekolah atau universitas dalam mendesain ruang kelas.

Baca juga:  6 Hal Tak Terduga yang Bikin Anda Susah Tidur

(rdn/vit)

Source link

0 Response to "Studi: Belajar di Ruangan Bercat Terang Bikin Konsentrasi Anak LebihBaik"

Posting Komentar