Serius Nih Penyakit Liver Mengintai Pria Yang Kelebihan Berat Badan


Stockholm, Pria muda yang kelebihan berat badan tidak hanya berisiko tinggi mengidap penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular. Studi terbaru menyebut pria muda yang kelebihan berat badan juga berisiko tinggi mengidap penyakit liver.

Studi yang dilakukan oleh dr Hannes Hagstrom dan rekan-rekannya dari Center for Digestive Diseases, Karolinska Institute, Stockholm, Swedia, dilakukan kepada 44.248 partisipan. Seluruh partisipan merupakan pria mudah berusia 18-20 tahun saat penelitian dimulai tahun 1970 dan berusia sekitar 60 tahun pada 2009.



Sekitar 7 persen partisipan memiliki berat badan berlebih ketika penelitian dimulai. Dalam waktu 40 tahun, 393 partisipan didiagnosis mengidap penyakit hati, termasuk penurunan fungsi hati, sirosis atau bahkan kematian karena gangguan hati.


"Pada saat penelitian dimulai, para pria muda ini sudah memiliki risiko penyakit liver karena lemak non-alkohol (non-alcoholic fatty liver disease) yang akhirnya menjadi semakin parah seiring bertambahnya usia," tutur dr Hagstrom, dikutip dari Reuters.

Saat dewasa, risiko penyakit hati bertambah akibat kebiasaan minum alkohol, merokok, penggunaan narkoba, kurang olahraga dan tekanan darah tinggi. dr Hagstrom mencatat risiko terbesar ada pria yang konsumsi alkoholnya lebih dari 3,5 botol per minggu.

"Efek buruk alkohol pada liver memang sudah diketahui sejak lama. Tapi stui kami menemukan bahwa pada pria muda yang sudah kelebihan berat badan, efek buruknya akan meningkat berkali-kali lipat," tambahnya lagi.

(mrs/vit)

Source link

0 Response to "Serius Nih Penyakit Liver Mengintai Pria Yang Kelebihan Berat Badan"

Posting Komentar