Faktor Penyebab PCOS yang Wajib Wanita Ketahui



POLIKISTIK ovarium sindrom atau lebih sering disebut PCOS adalah masalah yang sering dialami oleh wanita usia subur. Sayangnya, banyak wanita kurang menyadari apa penyebab dari PCOS.

PCOS merupakan gangguan sistem endokrin yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan pertumbuhan tumor jinak pada ovarium. Selain itu, PCOS juga dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur, sehingga mengganggu konsepsi.



Karena itu, penting bagi wanita melakukan pencegahan dengan mengetahui penyebabnya. Berikut penyebab dari PCOS yang wajib diketahui wanita seperti dilansir Zeenews, Senin (27/6/2016).

Androgen

Kadar androgen yang berlebihan adalah salah satu penyebab utama PCOS. Salah satu tanda-tanda awal dari meningkatnya androgen adalah munculnya jerawat pada masa remaja.

Genetik

Jika ibu mempunyai PCOS, maka ada kemungkinan anak perempuannya akan mengalami gangguan yang serupa.

Berat badan

Banyak wanita dengan PCOS kelebihan berat badan. Namun, sebenarnya hal tersebut tidak berlaku pada semua wanita. Karena, wanita berbadan kurus juga diketahui bisa menderita PCOS.

Pengobatan

Pengobatan nomor satu untuk PCOS adalah latihan teratur dan diet sehat. Kedua, olahraga teratur juga merupakan cara yang efektif untuk menangkal peningkatkan insulin sebagai salah satu penyebab PCOS.



Source link

0 Response to "Faktor Penyebab PCOS yang Wajib Wanita Ketahui"

Posting Komentar