Sering Bersin di Pagi Hari? Kenali Penyebabnya



PERNAH mengalami bersin tanpa henti setiap Anda bangun tidur di pagi hari? Rasanya ingin sekali menghentikannya tapi tetap saja tidak bisa.

Berdasarkan pendapat dr Akshay Challani, Spesialis Perawatan Kritis dari Akshjyot Clinic di Navi Mumbai mengatakan bersin-bersin yang terjadi di pagi hari sebagian besar disebabkan reaksi alergi. BIasanya perubahan cuaca yang yang terjadi dapat memicu bersin di pagi hari karena tubuh berusaha menyesuaikan dengan perubahan mendadak cuaca.



Selain itu, perubahan drastis lingkungan mampu menurunkan kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko infeksi yang memicu reaksi alergi. Bahkan pakaian Anda bisa menimbulkan reaksi alergi, misalnya saja pakai yang berbagahan katun atau polyester.

Kamar ber-AC dan kipas angin juga mengambil andil penyebab reaksi bersin-bersin di pagi hari. Dr Akshay menjelaskan bersin dalam interval sering dan tidak menetap di waktu tertentu, bisa menjadi tanda seseorang mengidap sinusitis.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi Anda yang memiliki alergi demikian, lebih baik menghindari pergi keluar dalam kondisi cuaca dingin dan mengonsumsi air dingin atau es krim.

Apabila kondisi semakin parah dan tak kunjung membaik dalam lima hari, segera konsultasikan ke dokter. Bisa jadi, indikasi menunjukkan gejala sinusitis atau infeksi tenggorokan. Dmeikian dikutip dari laman Thehealthsite, Senin (27/6/2016).


Source link

0 Response to "Sering Bersin di Pagi Hari? Kenali Penyebabnya"

Posting Komentar