Peran Penting Orangtua Menjadikan Keluarga Berkualitas




MARAKNYA kekerasan yang terjadi pada anak dengan pelaku yang dilakukan oleh anak tidak bisa dianggap sepele. Keluarga memiliki tanggung jawab besar dalam hal ini. Maka, diperlukan solusi dalam meningkatkan kualitas keluarga.


Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Nasional (BKKBN), Surya Chandra Surapaty mengatakan, kasus kekerasan seksual pada anak dan dilakukan oleh anak-anak menandakan masih rendahnya kualitas manusia. Ini menjadi problem yang terjadi di Indonesia sejak dulu.


“Bisa dibayangkan, rata-rata lama sekokah anak-anak di Indonesia hanya 5-7 tahun. Artinya, ini hanya lulus SD. Tidak heran jika mereka memiliki mental negatif. Untuk meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia tidak lain harus ditingkatkan lama pendidikannya. Dengan begitu akan terbentuk karakter dan juga melakukan revolusi mental,” terang Surya Chandra di sela kegiatan Rakornas Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), di Jakarta, Rabu, 11 Mei 2016.


Untuk meningkatkan kualitas keluarga Indonesia maka, dalam keluarga dibutuhkan komunikasi antara orangtua dan anak. Pengetahuan tentang keluarga sudah harus dimiliki oleh Pasangan Usia Subur (PUS). Ini menjadi tugas BKKBN untuk meningkatkan kualitas keluarga Indonesia di antaranya dengan melakukan revokusi mental berbasis keluarga. Hal ini bisa dimulai dari diri sendiri kemudian bersama-sama menjadi sikap dan tindakan positif.


“Tugas BKKBN selain meningkatkan kualitas manusia juga kuantitas. Maka kami anjurkan dua anak cukup. Dengan begitu ibu memiliki kesempatan untuk memberikan ASI dua tahun. Ibu juga punya kesempatan mendidik anak dengan cara asih, asuh dan asah. Sehingga, anak tumbuh sehat,” katanya.


Ia mengakui sinergitas belum maksimal dan berimplikasi pada kurang optimalnya program dan kegiatan KKBPK di lini lapangan. Misalnya seperti tenaga bidan/dokter, PLKB/PKB, penyuluh KB dari rumah ke rumah dan lainnya.


"Makanya kami terus bersinergi dengan tokoh agama, masyarakat, tokoh adat serta organisasi profesi keagamaan, pendidikan, kepemudaan dan lainnya," pungkasnya.



Source link

0 Response to "Peran Penting Orangtua Menjadikan Keluarga Berkualitas"

Posting Komentar